Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

SURAT & KOMENTAR

Kecewa terhadap Layanan TNT Indonesia

Kami adalah pengguna jasa TNT Indonesia dengan nomor AWB 621204135 yang telah membayar TNT untuk melakukan jasa pengiriman sampai kepada alamat penerima. Melalui surat pembaca ini, saya mengajukan komplain bahwa TNT tidak profesional dalam bekerja dan melakukan beberapa penyimpangan dari prosedur PJT (perusahaan jasa titipan) Penyimpangan itu di antaranya adalah pengenaan bea masuk terhadap barang kiriman kami yang nilainya di bawah US$100. Kami memiliki bukti dokumen lengkap dan valid bahwa nilai barang kami di bawah US$100 sehingga duty free.

Beberapa kelalaian TNT Indonesia adalah: 1. Tidak mengontak penerima ketika barang masuk Jkt (PJT lain mengontak kami) 2. Dari 30 Agustus sampai 3 September 2018, pihak Bea Cukai meminta tambahan dokumen untuk memperjelas nilai barang kiriman, pihak TNT tidak mengontak penerima dan tidak meng-collect dokumen tambahan (yang normal dilakukan PJT lain) 3. TNT baru mengontak kami ketika surat penetapan bea keluar. 4. TNT tidak terlihat melakukan best effort dalam melakukan clearance. 5. TNT tidak mengirimkan paket sampai ke alamat penerima barang sampai hari ini

Kami telah melakukan korespondensi dengan CS TNT, tetapi seakan bicara kepada tembok. Dari berbagai email response dari CS terbaca bahwa:
1. TNT Indonesia tidak menyesal atas hal yang terjadi pada customer TNT
2. TNT hanya concern untuk menarik pembayaran bea dan charges (yang mestinya tidak ada karena duty free under US$100)
3. TNT seakan cuci tangan dalam kekeliruan penetapan bea masuk dengan berlindung di balik dalih bahwa penetapan bea adalah dari pihak pabean (yang terjadi karena kelalaian TNT tidak memberikan dokumen lengkap)
4. Sesuai PMK51, ketika customer meminta TNT Indonesia untuk mengajukan keberatan kepada Bea Cukai (ini adalah arahan tim BRAVO Bea Cukai), pihak TNT tidak bersedia melakukan sebagaimana yang disampaikan dalam email response-nya dan menyarankan customer TNT melakukan sendiri pengajuan keberatan tersebut.

Kami sangat kecewa terhadap layanan TNT Indonesia yang tidak profesional. Kami rasa, jika ini berlanjut, TNT Indonesia bakal kehilangan banyak customer-nya karena tidak ada iktikad baik untuk membantu memberikan solusi kepada customer. Hal seperti ini tidak kami dapatkan saat menggunakan layanan dari PJT lain sekelas TNT yang kelas global. Kami meminta pihak regulator PJT dan manajemen PJT untuk memperbaiki situasi ini.

Hormat Kami,

Affan Priambodo
affanpriambodo@yahoo.com

Cover Majalah GATRA edisi No.48 / Tahun XXIV / 27 Sep - 3 Okt 2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Focil
Internasional
Laporan Khusus
Laporan Khusus II
Laporan Utama
Multimedia
Nasional
Pariwara
Perjalanan
Surat & Komentar
Teropong
 
Created and maintained by Gatra.com