Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

Laporan Utama
Mimpi Poros Penawar Istana
Bergulir kaukus politik dengan beragam sebutan: Poros Islam, Poros Ketiga, dan Poros Alternatif untuk menandingi blok Istana. Orientasinya, dari sekadar menaikkan posisi tawar sampai obsesi mengalahkan petahana. Pasang naik atau surutnya tergantung model akomodasi politik Jokowi.
Cover Majalah GATRA edisi No.20 / Tahun XXIV / 15 - 21 Maret  2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Agama
Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Focil
Ilmu & Teknologi
Internasional
Kesehatan
Kolom
Laporan Khusus
Laporan Utama
Lingkungan
Media
Multimedia
Nasional
Pariwara
Pendidikan
Surat & Komentar
Teropong
Wawancara

Laporan Utama
Poros Ketiga di Persimpangan Jalan
Peluang poros ketiga yang digagas Demokrat, PKB, dan PAN pada pilpres 2019 semakin mengecil. Sekadar manuver untuk menaikan daya tawar ke Jokowi. Jualan utamanya menempatkan kader partai di kursi cawapres.
Laporan Khusus
Sengkarut Penetapan Lokasi Bandara Bali Utara
Penetapan lokasi bandara di Bali Utara oleh Kemenhub bakal menghentikan polemik tentang lokasi di darat atau di lepas pantai. Wacana makin ramai, karena menurut hasil studi World Bank ada opsi perluasan Bandara Internasional Ngurah Rai. Akan ada kajian komprehensif karena muncul opsi pengembangan Bandara Letkol Wisnu di Buleleng.

Agama
Titik Rawan Digitalisasi Sentimen Agama
Kehidupan beragama setahun terakhir ditandai menguatnya pengaruh kompleks teknologi digital. Iklim panas kontestasi politik menambah banyak titik rawan arus informasi bermuatan sentimen agama. Catatan krusial bagi pemangku kebijakan menapaki tahun-tahun politik 2018-2019.
Ilmu & Teknologi
Kapal Bambu Siap Melaut
Peneliti ITS meneliti bambu sebagai bahan pembuat kapal. Konstruksi kapal dari bambu lebih memiliki daya tahan tinggi dibadingkan kapal berbahan dasar kayu. Pasokan bambu berlimpah sehingga biaya pembuatannya pun lebih murah ketimbang kapal kayu.

Lingkungan
Restorasi Pasca-Operasi Tambang
Selain menjamin pengembalian fungsi lingkungan hidup lahan bekas tambang minyak, aturan baru yang terkait abandonment and site restoration juga memperjelas pertanggungjawaban atas pembiayaannya. Mayoritas perusahaan kontraktor migas telah mencadangkan dana untuk kegiatan pasca-operasi.
space space
 
Created and maintained by Gatra.com