spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Komandan Kormar: Pergantian Panglima TNI Tidak Harus Digilir

Surabaya, 25 Oktober 2001 11:56
Komandan Korps Marinir (Kormar) Mayjen TNI (Mar) Harry Triono, SIP, MM berpendapat, pergantian Panglima TNI setelah Laksamana Widodo AS dipensiun tidak harus dilakukan secara bergilir dari ketiga angkatan.

"Saya kira tidak mutlak demikian karena yang lebih utama adalah `out put` kerja atau kemampuan dari pejabat yang ditunjuk. Jadi tidak harus terpaku pada itu, tetapi didasari pada kepentingan organisasi," katanya menjawab pertanyaan wartawan di Surabaya, Kamis.

Ditemui disela-sela upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pasukan Marinir (Pasmar) I dari Brigjen TNI (Mar) Herman Rastam kepada Kolonel (Mar) Soenarko GA, Harry mengemukakan, selain masalah kemampuan, pergantian itu juga harus didasarkan pada masalah kebutuhan organisasi.

Meskipun Presiden Megawati belum menunjukkan tanda-tanda akan mengganti Laksamana Widodo AS yang masa pensiunnya sudah diperpanjang untuk ketiga kalinya hingga Agustus 2002, namun pembicaraan masalah pergantian itu sudah ramai dibicarakan di kalangan DPR.

Nama-nama yang muncul untuk pengganti Widodo umumnya berasal dari perwira tinggi TNI AD, yakni mantan Kasad Jenderal TNI Tyasno Sudarto, Kasad Jenderal Endriartono Sutarto dan mantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI Fachrur Rozi.

Komandan Kormar mengaku setuju jika pengangkatan Panglima TNI yang baru itu dipilih dari perwira tinggi yang pernah menjabat sebagai kepala staf dengan pangkat bintang empat. Hal itu juga sudah menjadi tradisi dalam setiap pengangkatan orang nomor satu dilingkungan TNI.

"Pada umumnya `kan dari kepala staf, mungkin tradisinya sudah begitu. Bisa saja dari yang lain, tapi selama ini yang saya tahu dari kepala staf," kata perwira tinggi berbintang dua kelahiran Kabupaten Bondowoso, Jatim itu.

Menurut dia, mengenai pergantian Panglima TNI sudah ada mekanisme yang mengaturnya, yakni melalui proses seleksi dari para pimpinan dengan berlandaskan pada kebutuhan organisasi.

"Jadi nanti akan diproses oleh siapa yang membawahi TNI. Karena itu mengenai pergantian Panglima ini tidak usah harus begini atau harus begitu, sudah ada mekanismenya kok. Ada saatnya dan ada prosesnya," katanya.

Acara Sertijab yang dilaksanakan di Bumi Marinir Karangpilang itu dihadiri Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Achmad Djunaidi (AD) Sikki, MSc, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Sutanto dan Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Surabaya Kolonel (Lek) Ir Fachrudin Said, SIP.

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 21 November 2018 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdot123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer