Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

PARIWARA

Ultah Religi Bumi Sukowati

Peringatan hari ulang tahun Kabupaten Sragen diisi dengan nuansa religi. Sragen sedang giat membangun di berbagai bidang.

Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, baru saja merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-272, tepatnya pada 27 Mei 2018. Tema hari jadi ini adalah: "Guyub Rukun Kerja Tekun, Nyawiji Bekti Kanggo Bumi Sukowati".

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengatakan bahwa tema tersebut memberi pesan kepada seluruh masyarakat Sragen untuk memiliki semangat gotong royong dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraannya, dengan tetap menjaga norma, etika dan nilai-nilai luhur kebangsaan.

"Kerja tekun mempunyai makna bekerja dengan serius, konsisten dan sungguh-sungguh dalam mencapai tujuan. 'nyawiji bekti kanggo Bumi Sukowati' mempunyai arti bersatu mengabdikan diri kepada kemajuan Kabupaten Sragen. Selain itu, nyawiji bekti kanggo Bumi Sukowati juga memiliki makna bersama-sama mewujudkan semua program pembangunan di Bumi Sukowati yang sejahtera dan bermartabat," kata Bupati.

Dalam rangka peringatan HUT ke-272 itu, Bupati Kusdinar berpesan agar masyarakat Sragen guyub rukun membangun Bumi Sukowati. "Mari kita nyambut gawe sing serius, konsisten dan sungguh-sungguh. Ayo bersama-sama melebur menjadi satu untuk mewujudkan seluruh program pembangunan sesuai dengan peran masing-masing," kata Kusdinar.

Peringatan HUT ke-272 Kabupaten Sragen bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Karena itu, nuansa acara lebih dititik-beratkan pada kegiatan religius. Misalnya, salawatan, pengajian, dan sinau bareng Emha Ainun Najib (Cak Nun) bertempat di Alun-alun Sasana Langen Putra. Puncak acaranya diisi dengan malam tirakatan.

Sebelumnya, Bupati dan para pejabat Sragen juga melakukan ziarah ke makam raja-raja di Imogiri, ke makam pahlawan, dan makam-makam ulama. Kegiatan lainnya yang digelar untuk memeriahkan perayaan HUT ke-272 Sragen antara lain sepeda santai, jalan sehat dan senam sehat, serta berbagai kegiatan lomba.

Bupati dr. Kusdinar mengungkapkan, Kabupaten Sragen memiliki banyak potensi. Di bidang pertanian, Sragen memiliki kawasan pertanian pangan berkelanjutan (KP2B) seluas 48.000 hektare, sebagai penyangga pangan nomor 2 se-Jawa Tengah. Potensi pertanian juga meliputi kawasan padi organik yang dikembangkan di Kecamatan Sambirejo.

Di bidang pariwisata, Sragen punya Kawasan Situs Manusia Purba Sangiran yang merupakan cagar budaya warisan dunia, Wisata Religi Gunung Kemukus, Pemandian Air Panas Bayanan dan Ngunut, serta objek agrowisata Betisrejo di Kecamatan Sambirejo.

Di sektor industri, Sragen antara lain memilki industri mebel yang terkenal di Kecamatan Kalijambe. Selain itu Sragen juga punya industri tekstil, industri kecil alat rumah tangga, dan industri batik di Kecamatan Masaran dan Plupuh.

Bupati dr. Kusdinar juga terus melaksanakan pembangunan infrastruktur dengan prioritas perbaikan jalan dan jembatan di dua tahun pertama (2017-2018). Juga melakukan reformasi birokrasi, terutama pelayanan yang langsung kepada masyarakat, yaitu dengan peningkatan pelayanan PATEN dan PADMA, serta peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

"Untuk meningkatkan kesejahteraan kaum hawa, kami juga terus memberikan pelatihan-pelatiham kepada para perempuan," kata Kusdinar. Menurut Bupati, pada 2016-2017 sudah lebih dari 1.000 orang perempuan yang telah diberikan pelatihan ketrampilan.

Untuk mengatasi kesenjangan sosial, Pemkab Sragen juga terus berupaya mengakselerasi pembangunan di desa antara lain dengan membentuk BUMDes dan pembangunan infrastruktur desa. Di bidang kesehatan, Pemkab Sragen terus meningkatkan fasilitas kesehatan RSUD Soehadi Prijonegoro dan RSUD Gemolong. "Kami juga telah mendeklarasikan kecamatan bebas ODF, dan terus menurunkan kematian ibu dan bayi," kata Kusdinar.

Hingga saat ini, Sragen telah meraih beberapa penghargaan yang membanggakan. Misalnya, Juara I Indonesia Digital Economy Award (IDEA) 2016 dengan predikat "the 1st Champion". Juga meraih Piala Wahama Tata Nugraha 2016, Piala Adipura 2016 dan masih banyak lagi (lihat Tabel).

Dalam momentum HUT ke-272 Kabupaten Sragen, Bupati dr. Kusdinar berharap seluruh masyarakat dan jajaran Pemkab Sragen dapat terus meningkatkan semangat dan kerja keras melakukan pembangunan demi masa depan Sragen yang lebih baik lagi.
ARTIKEL LAIN

Cover Majalah GATRA edisi No.31 / Tahun XXIV / 31 Mei - 6 Jun  2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Buku
Ekonomi & Bisnis
Focil
Internasional
Kesehatan
Kolom
Laporan Khusus
Laporan Khusus II
Laporan Utama
Multimedia
Nasional
Olahraga
Pariwara
Perjalanan
Surat & Komentar
Teropong
Wawancara
 
Created and maintained by Gatra.com