Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

APA & SIAPA

Irwan Hidayat dan Rahasia Hidup Sehat

Jenis olahraga seni pernapasan ini, menurut Irwan, cukup sederhana.Untuk melakukannya, seseorang cukup fokus pada tubuhnya dan kemudian menggerakan sejumlah anggota tubuh sembari menarik nafas.

Minum jamu adalah tradisi warisan nenek moyang yang terus dipelihara turun-temurun. Bahkan, bagi Irwan Hidayat, tradisi itu dijaganya dengan terus mengembangkan industri jamu milik keluarga, Sido Muncul.''Pengembangan Sido Muncul merupakan bagian dari pengembangan dan upaya menjaga nilai-nilai tradisi jamu yang kita tahu khasiatnya sangat luar biasa,'' ujar Irwan.

Jamu diyakini banyak orang, termasuk Irwan, mampu memberikan manfaat kesehatan dan kesegaran baik sebagai suplemen maupun sebagai obat tradisional berbahan dasar herbal. Tapi, diakuinya, bukan hanya jamu yang menjadikan pria yang menjabat sebagai Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk ini bisa sehat hingga sekarang. Laki-laki 71 tahun kelahiran Yogyakarta, 23 April 1947, ini ternyata menyimpan rahasia lain untuk hidup sehat. ''Saya rutin orhiba, sudah 40 tahun menjalankannya,'' kata Irwan.

Orhiba adalah singkatan dari ''olahraga hidup baru''. Jenis olahraga seni pernapasan ini, menurut Irwan, cukup sederhana.Untuk melakukannya, seseorang cukup fokus pada tubuhnya dan kemudian menggerakan sejumlah anggota tubuh sembari menarik nafas.

Kepada Hendri Firzani dari GATRA saat ditemui di lokasi pabrik Sido Muncul di Semarang, Jawa Tengah, Senin pekan lalu, Irwan menuturkan sejak ikut orhiba ia jarang sekali menderita sakit. Padahal, di usia mudanya, Irwan pernah terkena berbagai penyakit dari tifus,malaria, hingga penyakit tekanan darah tinggi dan kencing manis.

Jikapun kelelahan akibat terlalu bekerja keras, kondisi tubuh Irwan tak pernah sampai membuatnya harus berhubungan dengan dokter. Sesaat ia merasakan kondisi tubuh kurang nyaman, ia langsung mempraktekkan orhiba. ''Sesudah itu, tubuh enakan lagi,'' kata Irwan. Jadi, tak perlu minum jamu lagi, Pak? ''Eh, tetap minum dong, Jamu yang justru membuat saya jadi lebih fit dan kuat,'' kata Irwan.
ARTIKEL LAIN

Cover Majalah GATRA edisi No.24 / Tahun XXIV / 12 - 18 April 2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Focil
Ilmu & Teknologi
Internasional
Kesehatan
Kolom
Laporan Khusus
Laporan Utama
Multimedia
Nasional
Pariwara
Pendidikan
Perjalanan
Seni Rupa
Surat & Komentar
Teropong
Wawancara
 
Created and maintained by Gatra.com