Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

APA & SIAPA

Muslimin Bando & Cinta Binatang Bebas

Kalau menempatkan burung di sarang atau ikan di akuarium, ujar Muslimin, itu ibarat menghukum mereka yang tidak berbuat salah. Ricky Pesik & Hobi Nyelam.

Memelihara hewan merupakan hobi kebanyakan pejabat. Namun, tidak demikian dengan Muslimin Bando, Bupati Enrekang yang kini maju lagi di ajang kontestasi pemilihan bupati dalam pilkada serentak 2018. Di kediamannya yang tidak jauh dari Pasar Sudu, di Jalan Poros Enrekang,Toraja, tak tampak satu pun hewan peliharaan.

Sesungguhnya, Muslimin menyukai binatang. Namun ia memilih untuk tidak memeliharanya. Ada dua prinsip yang ia pegang teguh sampai kini. ''Semua makluk kan diciptakan untuk hidup bebas. Jadi, jangan paksa mereka tinggal dalam sangkar,'' kata mantan guru ekonomi sekolah menengah atas ini kepada G.A. Guritno dari GATRA, pertengahan Maret lalu.

Kalau menempatkan burung di sarang atau ikan di akuarium, ujar Muslimin, itu ibarat menghukum mereka yang tidak berbuat salah. ''Lagian takut dosa,'' katanya dengan mimik serius, soal alasannya melepas binatang ke habitat masing-masing.

Karena tidak memiliki hobi yang menyita waktu, pria dengan 16 bersaudara kelahiran Buntu Tangla, Kecamatan Masalle, Enrekang, 31 Desember 1956, ini bisa lebih bebas bersilaturahmi dengan masyarakat di berbagai acara, dari pengajian, acara adat, hingga hajatan. Kegemarannya bermasyarakat itulah yang membuat dirinya memutuskan untuk mengerjakan 60% dari tugasnya di kantor.

Adapun 40% waktunya dimanfaatkannya untuk menjalankan tugas kedinasan dengan memotivasi kegiatan ekonomi serta pertanian masyarakat yang tinggal di balik bukit dan di kaki-kaki gunung. Menurut Muslimin, selain budi daya kopi arabika secara turun-temurun, para petani juga memanen palawija seperti bawang merah, cabai merah dan kentang. Untuk budi daya bawang merah bahkan sudah menjadi percontohan bagi petani di sejumlah kabupaten di Jawa.

Wilayah Enrekang memng dikenal dengan sebutan "Bumi Massenrempulu" yang kurang lebih artinya "menyusur gunung". Sebanyak 85% dari luas wilayahnya terdiri dari gunung dan bukit-bukit yang sambung-menyambung. ''Lebih efektif jika pejabatnya terjun melayani dan menyelesaikan persoalan masyarakat di pelosok daripada semuanya habis untuk rapat, koordinasi dan urusan administrasi yang juga sama pentingnya. Intinya berbagi porsi-lah,'' katanya sambil tersenyum.

***

Ricky Pesik & Hobi Nyelam
Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky Joseph Pesik, tak hanya malang-melintang di industri periklanan. Ricky juga gemar menyelam yang dilakoninya selama 20 tahun.''Waktu belum jadi hobi hipster seperti sekarang,'' ujarnya sambil tertawa, saat bertemu Fitri Kumalasari dari GATRA, di kantornya, pertengahan Maret lalu.

Kegemarannya menyelam tak terlepas dari hobi traveling-nya. Yang membuat ia makin mencintai aktivitas menyelam, sekitar 60% segitiga koral dunia ada di Indonesia. Banyak spot penyelaman yang menarik di Indonesia bagian tengah dan timur. ''Spot diving dunia paling bagus ada di Indonesia. Saya tinggal di Indonesia ngapain enggak nikmatin diving,'' katanya.

Pria lulusan Teknik Kimia ITB ini sudah mengunjungi berbagai tempat penyelaman di Indonesia, antara lain di Wakatobi, Lembeh, Raja Ampat, Alor, dan Bali. Seluruh pengalamannnya itu pun ia tuliskan dalam blog pribadi.

agar momen menyelam tak terlewatkan begitu saja, Ricky juga pelajari fotografi. Dengan cara itu ia makin puas saat menjelajah di bawah laut. Sejumlah hasil jepretannya pun ia publikasikan melalui kawan-kawannya.

Namun, semenjak sibuk di Bekraf, Ricky tak mempunyai banyak waktu untuk menikmati hobinya. Sampai saat ia baru tiga kali menyelam, yaitu di Cubadak, Alor, dan Banyuwangi. Padahal, dulu, dalam setahun ia bisa sampai empat kali diving, bahkan pada saat libur Lebaran.
ARTIKEL LAIN

Cover Majalah GATRA edisi No.24 / Tahun XXIV / 12 - 18 April 2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Focil
Ilmu & Teknologi
Internasional
Kesehatan
Kolom
Laporan Khusus
Laporan Utama
Multimedia
Nasional
Pariwara
Pendidikan
Perjalanan
Seni Rupa
Surat & Komentar
Teropong
Wawancara
 
Created and maintained by Gatra.com