Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

APA & SIAPA

Penny Lukito dan Profesi Batik Hunter

Sebagai batik hunter, kata Penny, ia hanya mencari batik untuk dipakai sehari-hari saat bekerja, tidak untuk melengkapi koleksi.

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Penny Kusumastuti Lukito, punya hobi unik setiap berkunjung ke daerah. Dia pasti menyempatkan diri untuk berburu batik di toko ataupun sentra batik. ''Tapi, saya bukan pengoleksi batik. Sebenarnya, saya cuma batik hunter,'' ujar Penny.

Loh, apa perbedaannya? Sebagai batik hunter, kata Penny, ia hanya mencari batik untuk dipakai sehari-hari saat bekerja, tidak untuk melengkapi koleksi. Menurutnya, batik merupakan busana yang fleksibel, dapat menyesuaikan dengan segala macam acara yang kerap dia hadiri. Ia selalu mencoba mix and macth corak batik.

Maka, tak mengherankan bila alumnus Teknik Lingkungan ITB ini bisa menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk melihat dan memilih batik yang sesuai dengan seleranya.
Untuk mengetahui, 'profesi' sampingannya sebagai batik hunter tersebut, wartawan GATRA, Hendri Firzani berbincang-bincang dengan ibu dari 4 anak, buah perkawinannya dengan Firdaus Ali, yang sedang berkunjung ke Solo dan Semarang, Senin pekan lalu. Berikut petikannya:

Anda kerap singgah di toko atau butik batik dalam kunjungan ke daerah?
Saya kebetulan senang baju batik. Setiap ada kesempatan, saya ingin membelinya. Baju batik sudah sangat familier dan sangat fleksibel untuk digunakan dalam setiap kesempatan acara.

Sejak kapan dan dari mana awal mula kecintaan terhadap batik?
Kecintaan terhadap batik itu sudah lama dan saya rasa itu menular dari orangtua saya. Kebetulan mereka berasal dari Yogyakarta dan Kudus.

Jika dihitung, berapa banyak koleksi batiknya?
Sebenarnya, saya tidak mengoleksi Batik, hanya membeli sesuai kebutuhan, tapi memang sudah cukup banyak.

Berarti sering berburu batik ke daerah?
Tidak terlalu sering juga. Tapi, kan BPOM itu membawahkan balai-balai besar POM di daerah (saat ini ada 19 balai besar POM dan 14 balai POM) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten. Mereka adalah ujung tombak kami dalam pelayanan di daerah.Saya berkunjung ke daerah dalam rangka membina balai-balai tersebut.
ARTIKEL LAIN

Cover Majalah GATRA edisi No.24 / Tahun XXIV / 12 - 18 April 2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Focil
Ilmu & Teknologi
Internasional
Kesehatan
Kolom
Laporan Khusus
Laporan Utama
Multimedia
Nasional
Pariwara
Pendidikan
Perjalanan
Seni Rupa
Surat & Komentar
Teropong
Wawancara
 
Created and maintained by Gatra.com