Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

HUKUM

Kartu BPJS Palsu

Tersangka baru membuat kartu BPJS palsu untuk 175 kepala keluarga (KK) dari total 810 KK yang sudah mendaftarkan diri ke Yayasan Rumah Peduli Dhuafa. Total duit yang diperoleh mencapai Rp 11 juta.

Belum usai kasus vaksin palsu, kini hadir pula kasus kartu BPJS palsu. Kasus ini mencuat tatkala seorang pasien bernama Budiyanto, warga RT 3 RW 8, Kampung Simpang, Desa Kertajaya, yang tidak bisa menggunakan kartu BPJS-nya saat berobat di RSUD Cibabat, Kota Cimahi, Jawa Barat, pada Jumat pekan lalu. Atas kejadian ini, Budiyanto lantas melapor ke polisi. Tak butuh waktu lama, dua hari berselang, polisi berhasil mengungkap kartu BPJS palsu ini sekaligus menetapkan Ana Sumarna, 42 tahun, sebagai tersangka pemalsu kartu.

Diduga, Ana menyalurkan kartu BPJS palsu dengan mengatasnamakan Yayasan Rumah Peduli Dhuafa. Ia meyakinkan warga Desa Kertajaya untuk mendaftarkan pembuatan kartu secara kolektif. Cukup membayar Rp 100.000 per kartu dan mereka bebas dari iuran bulanan. Berdasarkan pemeriksaan sementara, menurut Kepala Polisi Resor Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi, tersangka baru membuat kartu BPJS palsu untuk 175 kepala keluarga (KK) dari total 810 KK yang sudah mendaftarkan diri ke Yayasan Rumah Peduli Dhuafa. Total duit yang diperoleh mencapai Rp 11 juta.

Atas kejadian ini, pihak BPJS mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan mendapatkan kartu BPJS. ''BPJS Kesehatan tidak bekerja sama dengan pihak manapun atau lembaga masyarakat tertentu dalam hal pembuatan kartu BPJS Kesehatan. Pendaftaran BPJS Kesehatan hanya bisa dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan terdekat, website www.bpjs-kesehatan.go.id dan bank mitra," kata Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional Jabar, Jenni Wihartini dalam siaran pers yang diterima Gatra, Selasa kemarin.

Flora Libra Yanti
ARTIKEL LAIN

Cover Majalah GATRA edisi No. 39 / XXII 28 Juli - 3 Agustus 2016 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Astakona
Buku
Ekonomi & Bisnis
Film
Focil
Hukum
Internasional
Kesehatan
Kolom
Laporan Khusus
Laporan Utama
Lingkungan
Nasional
Olahraga
Pariwara
Pendidikan
Perjalanan
Perspektif
Seni
Surat & Komentar
Tatapan
Teropong
Wawancara
 
Created and maintained by Gatra.com