spacer spacer spacer spacer
gatranews spacer

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Tunjangan Bahaya Radiasi
Radiographer Tuntut TBR RS Immanuel

Bandung, 28 Januari 2003 16:20
Wahyu Suhardi (51) karyawan radiographer di Rumah Sakit Imanuel Bandung menuntut haknya untuk mendapatkan tunjangan bahaya radiasi (TBR) melalui Pengadilan Negeri Bandung, Selasa.

Tuntutan Wahyu, warga Jl Kopo Cirangrang, Bandung itu, disampaikan kuasa hukumnya, Tomson Panjaitan, SH, pada sidang pengadilan yang dipimpin Hakim Ketua Yulisar, SH.

Majelis hakim menghadirkan dua orang saksi, yakni Mutiara Rababan dan Johanes Priyono -keduanya karyawan Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung- untuk memberikan keterangan tentang TBR di rumah sakit tempat mereka bekerja.

Menurut kedua saksi tersebut, tunjangan TBR mereka peroleh dari pihak rumah sakit sesuai peraturan yang ada.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 267/Menkes/SK/XII/1995 tentang Nilai Tingkat Tunjangan Bahaya Radiasi bagi Pekerja Radiasi dalam bidang Kesehatan, TBR adalah suatu keharusan di setiap rumah sakit, yakni sebesar Rp 450 ribu per bulan.

Namun, Wahyu yang sudah 30 tahun bekerja sebagai radiograper di RS Imanuel, merasa dirinya tidak pernah mendapatkan TBR.

Kedua saksi ahli dari Rumah Sakit Santo Borromeus tersebut mengatakan, menjadi seorang radiographer, resikonya besar dan sangat berbahaya, karena efek dari radiasinya bisa membunuh jaringan-jaringan sel, yang bisa menyebabkan kemandulan dan penyakit leukemia.

Dengan resiko-resiko tersebut, tunjangan sebesar itu sebenarnya tidak memadai, tetapi pertanyaannya adalah mengapa Rumah Sakit Imanuel tidak menyediakan tunjangan yang sudah menjadi keharusan tersebut, kata kuasa hukum Wahyu.

Karena itu, kata Tomson Panjaitan, kliennya mengajukan tuntutan kepada pihak Rumah Sakit Imanuel untuk segera membayarkan hak bagi kliennya berupa pembayaran TBR selama 30 tahun.

Sidang dilanjutkan 4 Februari 2003 untuk mendengarkan keterangan dari pihak Rumah Sakit Imanuel Bandung. [Tma, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 24 April 2014 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer