spacer spacer spacer spacer
gatranews spacer

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
APA & SIAPA
spacer
 
Chrisye Idap Kanker Paru

Chrisye (GATRA/Edward Luhukay)Jakarta, 26 Agustus 2005 19:50
Penyanyi senior Chrisye (55) didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium lanjut dan iritasi syaraf tulang belakang oleh tim dokter Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura. Kini tengah menjalani perawatan di sana.

Hal itu diungkapkan keluarga Chrisye, yang diwakili Harry, kakak iparnya, dalam sebuah konferensi pers, Jumat sore (26/8) di Jakarta. Hadir dalam acara itu, rekan-rekan pelantun hits Lilin-lilin Kecil itu, seperti Guruh Soekarnoputra, Eros Djarot, Erwin Gutawa, Hari Sabar, dan Alex Kumara.

Menurut istri Chrisye, Damayanti Noor (Yanti), lewat tayangan video yang diputar saat acara itu, pada pertengahan Juli 2005, Chrisye dirawat di RS Pondok Indah selama 13 hari, dengan keluhan sesak napas berat. Sejak dirawat di sana, kondisinya terus menurun, hingga tim dokter mendiagnosa adanya kanker di paru.

"Untuk mencari data akurat, Chrisye disarankan dirawat di RS Mount Elizabeth Singapura. Pada saat itu Chrisye kami evakuasi dalam keadaan belum pulih," kata Yanti, melalui tayangan video yang direkam dua hari lalu di Singapura. Alasan pemilihan rumah sakit di Singapura, karena di Indonesia belum ada alat deteksi penyakit itu yang akurat.

Selama hampir tiga minggu saat menjalani pengobatan di Singapura, Chrisye juga diharuskan menjalani kemoterapi. Saat ini mengalami banyak kemajuan. Namun kondisi kesehatannya masih harus diwaspadai, karena adanya komplikasi dari gangguan saraf tulang belakang yang diderita sebelumnya.

"Karena itu, ia langsung mendapat kemoterapi pada 2 Agustus 2005. Kondisinya belum pulih benar, tapi sudah diizinkan pulang, dengan asumsi, akan mendapatkan kemoterapi kedua. Mudah-mudahan dalam minggu ini. Belum tahu kapan bisa kembali ke Indonesia. Melihat kondisi fisik Chrisye yang belum cukup kuat untuk melakukan penerbangan pulang," papar Yanti.

Selain itu, video itu pula menayangkan kondisi Chrisye dua hari lalu. Tampak, Chrisye terbaring lemah dengan infus menempel di tangannya. Chrisye, yang mengenakan baju pasien biru, tampak mencoba bermain gitar.

Ada video lainnya yang menggambarkan, Chrisye mengenakan baju pasien bermotif garis-garis, yang sedang mencoba menggerakkan kaki dan tangannya. Tampak badannya jauh lebih kurus.

Digambarkan pula, Chrisye berbicara mengenakan kain tutup kepala biru laut bertuliskan "Pony". Penyanyi kelahiran Jakarta, 16 September 1949 itu berkata dengan pelan, "Saya memohon do'a restu dari penggemar dan penonton agar saya lekas sembuh, bisa kembali bersama anda, seperti sediakala."

Dukungan artis
Menyikapi keadaan ini, Guruh Soekarnoputra menyatakan ingin menggelar sebuah konser berupa malam dana untuk Chrisye, dengan tajuk "Untuk Chrisye dari Sahabat".

Guruh mengoordinir sejumlah artis dalam malam pengumpulan dana tersebut. Padahal, rencananya acara itu digelar pada 20 September 2005. Namun mengingat kondisi kesehatan Chrisye yang "sangat mendesak", ia berharap acara itu bisa digelar pada 10 atau 11 September 2005.

Hari ini Guruh dengan bos Musica, Acin membuka rekening bank untuk Chrisye, di BCA dengan nomor 5810200300 atas nama Moh. Guruh Soerkarnoputra dan Indrawati Widjaja.

Menurut Guruh, ada peristiwa menarik saat ia membuka rekening hari ini. Seorang karyawan BCA bernama Indra, begitu mendengar rencana pembukaan rekening untuk membantu penyembuhan Chrisye, spontan menyumbang Rp 500 ribu.

Selain itu, beberapa musisi juga menyumbang ke rekening tersebut. Mereka, antara lain, Anang, Krisdayanti, Rossa, dan Betharia Sonatha. [EL]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Tetap tabah & cepat sembuh (toga_h_m@ya..., 01/09/2005 03:30)
Semoga Mas Chrisye tabah menghadapi penyakit tersebut dan semoga lekas sembuh! Tuhan memberkati kita semua!Amin!
 
 
spacer
  
  Jangan merokok deh (coollife@te..., 30/08/2005 00:39)
Saya juga sedih nih denger Chrisye sakit. Yah soalnya Chrisye merokok sih, perokok berat lagi! Makanya jangan merokok deh, cari-cari penyakit gitu.. Semoga Chrisye cepat sembuh. Amin
 
 
spacer
  
  Semoga Cepat sembuh (ibugalak@ya..., 27/08/2005 09:40)
Saya adalah penggemar Chrisye. Saya do'akan semoga anda cepat sembuh dan sehat kembali sehingga biisa bernyanyi dan berkumpul dengan keluarga. Amin ya rabbal alamiin.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 21 April 2014 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer