spacer spacer spacer spacer
gatranews spacer

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NASIONAL
spacer
 
Pernyataan MUI
Film BCG! Singgung Perasaan Susila Masyarakat

Aa Gym & Din Syamsuddin Saat Pertemuan Pembahasan Film "Buruan Cium Gue!" di Gedung LSF, Jakarta (GATRA/Edward Luhukay)Jakarta, 18 Agustus 2004 17:00
Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. M. Din Syamsuddin mengatakan, MUI telah mengirim surat kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata agar menarik peredaran film Buruan Cium Gue!" (BCG!).

Film itu telah menyinggung rasa susila masyarakat, menimbulkan rasa ketakutan di kalangan orang tua dan pendidik, menimbulkan ancaman gangguan ketertiban umum, serta kemungkinan munculnya reaksi-reaksi yang tak terkendali.

"Film itu telah menyinggung rasa susila masyarakat," kata Din Syamsuddin dalam jumpa pers setelah melakukan pertemuan dengan Lembaga Sensor Film (LSF) di kantor LSF, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Rabu.

Din mendatangi LSF ditemani da`i kondang KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), beberapa rohaniwan dari Kristen dan Katolik, mantan Menneg Pemberdayaan Perempuan Tuty Alawiyah, serta artis Inneke Koesherawati, Astri Ivo, dan Cheche Kirani.

Ia mengatakan, surat yang telah dikirimkan pada tanggal 14 Agustus lalu itu, dibuat oleh MUI setelah Forum Ukhuwah Islamiyah MUI melakukan pertemuan yang dihadiri oleh wakil-wakil ormas kelembagaan Islam pada 13 Agustus. Mereka menyatakan keprihatinan terhadap film tersebut.

Masih dalam lampiran surat tersebut, MUI menyatakan sebuah film hasil karya cipta seni dan budaya hendaknya mencerminkan kelayakan untuk ditonton oleh masyarakat Indonesia baik dilihat dari segi ide, kreativitas, teknik sinematografi serta sesuai dengan norma-norma bermasyarakat, berbangsa dan keagamaan.

Dari adegan-adegan, dialog, suara serta imajinasi yang dikembangkan dalam film tersebut dapat disimpulkan secara sengaja bermaksud menghina, melecehkan, menertawakan pihak-pihak yang dipandang konservatif dan kolot, karena berpegang dengan nilai-nilai budaya yang luhur, nilai norma agama dan pendidikan sekolah.

Dalam lampiran tersebut, MUI juga menyimpulkan bahwa film BCG! itu berangkat dari pembuatan ide yang dangkal, bagaimana membuat film dengan biaya relatif murah, tapi provokatif dan memiliki daya magnet bagi remaja serta mengundang kontroversi, dan film ini berharap laku di pasaran.

Menurut Din, BCG! dikemas dengan setting pendidikan dan kehidupan di SMA namun tak kelihatan adanya kegiatan belajar mengajar, dan yang ada hanyalah adegan dialog, suasana hura-hura pesta, minuman keras, ngrumpi soal pacar dan ciuman.

Sementara itu, Aa Gym menilai bahwa judul film tersebut begitu vulgar dan berani, serta mengajak ciuman pada orang yang bukan muhrimnya.

Dia mengatakan, kalau secara ekstrim judul film tersebut sebenarnya "ayo buruan zinahi gue".

Pemimpin Pondok Pesantren Da`arut Tauhid Bandung itu merasa prihatin dengan film tersebut, dan perlu datang ke LSF karena menerima ratusan surat dari masyarakat terutama ibu rumah tangga, yang memprotes pemutaran film tersebut.

Sementara itu Ketua LSF, Titie Said, mengatakan bahwa film BCG! sudah melalui tahapan sensor, tapi tidak menyangka reaksi masyarakat luar biasa untuk menolaknya.

Dia mengatakan, dalam UU no 8 th 1992 pasal 31 disebutkan bahwa pemerintah dapat menarik suatu film bila dalam penayangannya mengganggu ketertiban, ketentraman, dan keselarasan hidup masyarakat.

Din Syamsudin menambahkan banyak ormas Islam melalui MUI yang melihat bahwa film BCG! tidak layak untuk pendidikan. Judulnya mengandung nilai-nilai keburukan, karena itu mereka meminta agar film tersebut ditarik dari peredaran.

Selain ke LSF, Din mengatakan bahwa MUI akan bersilahturahmi ke DPR dan kalangan seniman, budayawan dan produser film untuk membicarakan masalah film tersebut. [Tma, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
BERITA TERKAIT  
spacer
 
 
spacer spacer  
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Dunia memang mau kiamat! (RIni_jlr@ya..., 31/08/2004 01:54)
Dunia memang sudah mau kiamat dan gak salah kalau Allah marah dan memberikan banyak musibah kepada bangsa Indonesia karena moral dan ahlak bangsa kita yang makin rendah dan terpuruk. Saya lihat di TV, orang2 yang “berniat baik dan benar” yang ingin menyelamatkan moral dan ahlak bangsa ini malah dihujat habis2an dan dianggap sebagai org yg sok bermoral, munafik, menghalangi kebebasan org utk berekspresi dan maju, sedangkan org2 yg memang salah (secara moral dan agama) malah dibela habis2an, Ma... <10 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  jangan patah arang jika anda dibilang munafik (joko1974, 25/08/2004 10:35)
Jika ada yang menuduh munafik, jadikanlah kesempatan ini untuk membuktikan bahwa kita yang cinta Indonesia yang bermoral ini bukanlah orang yangg munafik. Setiap orang memang punya hawa nafsu, tetapi tidak setiap orang mampu mengendalikan nafsu. Janganlah kita patah semangat hanya karena dibilang munafik, mari kita buktikan bahwa kita bukan orang munafik. Janganlah perturutkan hawa nafsu hanya karena pengen gak dibilang munafik. Bagi yang peduli moral bangsa mari perjuangkan kebaikan.
 
 
spacer
  
  Setuju Banget dengan BCG (nia_marketingpusat@ya..., 25/08/2004 03:35)
Assalaamualaikum.w.w
Saya setuju banget kalau BCG nya, adalah cairan imunisasi yang disuntik buat anak balita. Kan bagus tuh buat pertahanan tubuh, lolos dari penyakit folio kali ya.Tapi, kalau BCG nya yang sejuta resenya......GAK SETUJU BANGET.....
Deg-degan kayaknya kalau nonton yang gituan....
kalau nonton yang kayak gituan, saya suka inget, gimana ya kalau saya meninggal lagi nonton porno, atau bioskopnya kebakaran...ih naudzubillah.
Aneh banget buat produser, sutradara, artis yang hobi ... <796 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  bagi yg munafikkkkkkkkkkkkkk (hrychn12@ya..., 23/08/2004 15:51)
ini neh, komentar gue bagi yg munafik: tahu kah kalian apa yg di artikan dgn munafik???? tolong di jawab sendiri, itu kan cuman film, kalo misalnya di film ada yg critanya tentang prostitusi, atau yg lainnya, kan ngak berarti mengajarin generasi muda utuk ikut jadi prostitute, ambil dong contoh dan dr segi positif film tersebut, makanya gue bilang berkali2 indonesia ngak bakalan bisa maju kalo cuman ributin hal sepele gituan, aneh dech mental orang indonesia , open minded oiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii... <160 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  komentator amatiran yang aneh (kikiaulia@ya..., 21/08/2004 00:56)
hik hik hik, saat membaca komentar gw jadi ketawa sendiri, masalahnya sudah jelas bahkan di tulis dengan huruf teballll yaitu tentang BCG, kok jadi larinya kemana2 sampai kebuyat, buyat juga sudah ada lsm yang ngurusin masa pemerintah ya pasti aktivis yang ngurusin....terus kalau masalah kebebasan expresi itu sifatnya luas man..contohnya begini...kaloo kita melakukan adegan sex di depan umum..tujuan kita seh mau berekspresi konooon...hik hik hik menurut anda2 gimana jawab tuh .... Jadi intinya ... <240 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Muna......! (swgbgr@ya..., 21/08/2004 00:55)
Aduh lagi2 yg beginian di urusin,jgn muna deh ngak nonton filmnya tapi buka website porno kan sama aja!Mendinggan ngurusin yg lain aja masih banyaaaak yg kudu di beresin tuk rakyat kita,gue perihatin bgt dgn yg susah saat ini karena krismon yg ngak abis2,jadi biarin aja dong rakyat dapet hiburan sedikit.Contohnya beresin dong kasus mahasiswa yg di tembakin!!!
 
 
spacer
  
  Alaaaahhhh (xxx@ho..., 20/08/2004 23:03)
Alaaahh...kalo menurut saya sih nggak ada yang perlu diributin soal beginian, ini kan kebebasan untuk mengekspresikan diri. Daripada buang-buang tenaga ngurusin soal BCG, mendingan juga tenaganya digunakan untuk memajukan bangsa kita yang semakin hari bukannya maju tapi makin mundur kemajuannya....Saya yakin dari sekian banyak org yang pada protes, pasti mereka juga diam-diam pergi nonton...jangan munafik deh....
 
 
spacer
  
  tidak ada pengaruhnya (mddwix@ya..., 20/08/2004 22:22)
satu film saja?saya rasa masih banyak film yang harus,di hentikan pemutarannya atau peredaranya.rasanya terlalu banyak untuk di sebutkan.
banyak sekali dampak atau pengaruh buruk selain film.prostitusi misalnya bagai mana nasib generasi muda kita akibat dari prostitusi
 
 
spacer
  
  beraninya sama yang kecil ! (aurorantia@ya..., 20/08/2004 12:05)
hahaha, rupa nya kalo protes harus liat2 dulu siapa yg di protes. kalo cuma LSF dan keluarga punjabbi, hajar ajaa. kenapa MUI gak protes soal kasus buyat ? soal korupsi akbar tanjung ? soal pembakaran gereja ? soal para TKW yg di perlakukan semena2 di Arab dan Malaysia ? soal pendeta wanita yg di tembak misterius ? cari lawan yg gede dong. apa krn MUI merasa kerdil jadi cari lawan yang seimbang aja ? semoga tidak .. oh iya, satu lagi. film BCG itu cuma berusaha utk memenuhi selera masyarakat. ki... <500 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  MUI dan Aa Gym Memberi Teladan yang Baik (bayuangga2003@ya..., 20/08/2004 06:11)
Saya memuji pendekatan MUI, Aa Gym, dan beberapa tokoh lainnya yang menempuh cara yang sungguh cantik. Itulah gambaran sesungguhnya penyelesaian masalah menurut Islam. Bukan Amrozi way !

Semoga LSF dan Ram Punjabi tidak budek dengan protes dari masyarakat. Kalau nggak, sampeyan kualat karena telah menebarkan kerusakan di muka bumi !
 
 
spacer
   
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 08 March 2014 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer