Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

SUPLEMEN

UN Kredibel: Pakta dan Ikrar Kejujuran

Upaya agar penyelenggaraan ujian nasional (UN) 2012 diperbaiki, disempurnakan serta ditingkatkan kualitasnya, terus dilakukan. Penandatanganan Pakta dan Ikrar Kejujuran adalah salah satu cara untuk pelaksanaan UN Kredibel.

Ada yang mengatakan, penandatanganan Pakta Kejujuran serta Ikrar UN Jujur-Berprestasi dan Pendidikan Anti Korupsi di beberapa daerah yang melibatkan peserta didik, pendidik, dan pengelola pendidikan termasuk didalamnya para kepala dinas pendidikan provinsi, kota/kabupaten hanya upaya membangun pencitraan publik.

Tentu bagi jajaran Kemdikbud pernyataan itu tidaklah perlu dirisaukan, karena sesungguhnya, sesuatu yang baik itu harus diketahui publik, melalui ikrar atau pendeklarasian inilah masyarakat diharapkan tahu dan bisa melakukannya di daerah masing-masing.

Senin (27/2) pagi, pada rangkaian kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2012, Kabalitbang, yang bertanggungjawab pada pelaksanaan UN secara simbolis menandatangani fakta kejujuran dengan kepala dinas pendidikan propinsi dan kabupaten/kota. Ini dilakukan untuk menyampaikan kesamaan pandang tentang perlunya kejujuran didalam melaksanakan ujian. Karena pernyataan lisan saja kiranya belumlah cukup.

Pernyataan lisan untuk mengedepankan kejujuran dalam pelaksanaan UN baru sebatas ''ritual nikah siri'', karena itu harus dibuktikan secara tertulis di atas selembar kertas, maka jadilah pertemuan salah satu acara diawal Rembuk Nasional Pendidikan dan kebudayaan itu ditandai dengan ''ijab kabul'' dan penandatanganan Pakta Kejujuran yang disaksikan para pemangku kepentingan pendidikan se-Indonesia.

Penandatanganan pakta ini merupakan komitmen yang harus terus dijaga dan bagian dari upaya untuk melakukan perbaikan dalam pelaksanaan UN.

Penandatanganan Pakta Kejujuran dan Ikrar UN Jujur-Berprestasi serta Pendidikan Anti Korupsi bukan dalam kapasitas untuk memberikan sanksi, tapi lebih pada upaya gerakan moral didalam menyelenggarakan UN dengan jujur dan berprestasi.

Melalui penandatanganan Pakta Kejujuran dan ikrar ini, semua sepakat untuk melaksanakan UN dengan lebih baik dan menununjung tinggi nilai-nilai kejujuran. Harapannya penandatanganan dan ikrar ini akan dilakukan berjenjang pula di daerah-daerah, antara kepala dinas propinsi dengan kepala dinas kab./kota, kemudian antara kepala dinas kab./kota dengan para kepala sekolah, dan kepala sekolah dengan para guru dan pengawas.
ARTIKEL LAIN

Cover Majalah GATRA edisi No 18 / XVIII 8-14 Maret 2012 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Astakona
Buku
Ekonomi & Bisnis
Film
Focil
Hukum
Ikon
Ilmu & Teknologi
Internasional
Kesehatan
Kolom
Laporan Utama
Lingkungan
Musik
Nasional
Olahraga
Pariwara
Pendidikan
Perspektif
Ragam
Seni
Seni Rupa
Suplemen
Surat & Komentar
Tari
Tatapan
Teropong
 
Created and maintained by Gatra.com