spacer spacer spacer spacer
gatranews spacer

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
NASIONAL
spacer
 
Tim Reformasi Birokrasi:
Hentikan Penerimaan CPNS dan Honorer

Jakarta, 27 Juni 2011 16:34
Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional mengusulkan agar penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) serta honorer, untuk sementara dihentikan selama enam bulan, dalam upaya untuk menghemat anggaran negara.

"Kami mengusulkan agar dilakukan penghentian sementara rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS termasuk juga tenaga honorernya," kata Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional Erry Riyana Hardjapamekas kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Senin (27/6).

Hal tersebut disampaikan usai dirinya bertemu dengan Wakil Presiden Boediono usai menyampaikan laporan mengenai kondisi reformasi birokrasi yang dilakukan timnya.

Dikatakan Erry, pihaknya sangat mendukung usulan Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang sebelumnya mengusulkan agar pegawai negeri sipil (PNS) yang dinilai tidak efisien diberi pesangon untuk pensiun dini.

Dikatakan, dari kajian timnya keberadaan PNS saat ini sudah tidak terkendali mengingat banyak pegawai yang tidak memiliki kemampuan tapi dipekerjakan.

"Ada instansi yang memiliki kelebihan pegawai tapi tidak dibutuhkan tapi ada instansi yang kekurangan pegawai tapi dibutuhkan," kata Erry.

Timnya mengusulkan agar pemerintah mengkaji ulang kebutuhan PNS dan dilakukan cara rekrutmen yang tepat dan efisien sehingga PNS yang diterima benar-benar dibutuhkan tenaga dan keterampilannya.

"Setidaknya jangan ada rekrutmen CPNS enam bulan ke depan sambil dilakukan pengkajian yang mendalam serta melakukan pencermatan sungguh-sungguh posisi yang diperlukan," katanya.

Diakuinya, timnya selama ini masih menemukan ada beberapa instansi dan daerah yang dalam melakukan rekrutmen CPNS dijadikan tempat untuk ajang "jual-beli".

"Ada oknum yang berani menjanjikan calon CPNS asal berani membayar sekian puluhan juta rupiah yang ujung-ujungnya dikarenakan si oknum ingin mendapat penggantian untuk kepentingan parpol," kata Erry.

Dikatakan, Wapres juga menyetujui agar rekrutmen CPNS sebaiknya dihentikan sementara sambil mencari tata cara efektif agar tidak memberatkan beban negara. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  TIRB seperti hantu tahu2 muncul (usep_alfin@ya..., 30/06/2011 20:24)
Tim Independen Reformasi Birokrasi munculnya darimana kpn dibentuknya tahu2 muncul kasih usulan yang gila..apa tujuannya cari sensasi atau apa..??
 
 
spacer
  
  PNS adalah pendukung SBY (sadel11_11@ya..., 30/06/2011 10:38)
karena terbukti loyalitas PNS sangat tinggi kpd SBY, maka jumlah PNS tiap tahun akan ditambah. Soal jabatan & jobdes itu masalah kecil, bisa diatur-atur.
 
 
spacer
  
  Jangan mengalihkan issyu (rafijunaifi@ya..., 28/06/2011 14:58)
Jangan mengalihkan issyu ke Honorer, karna pemerintah tak mampu mengurangi Korupsi, anda sendiri dulu adalah mantan wakil KPK, apa yg bisa anda perbuat, kenapa kok ndak masalah korupsi yang anda komentari, jangan -jangan ini adalah bentuk kerjasama anda dengan sejumlah Korupsi, karna ada sejumlah usul agar koruptor di miskinkan dengan cara mengambil kekayaannya menjadi kekayaan negara, nah untuk itu anda alihkan ke masalah CPNS dan Honorer
 
 
spacer
  
  stop PNS sbg kader parpol (golda_ab@ya..., 28/06/2011 05:50)
Zaman Orba PNS dalam wadah tunggal Korpri, secara politis hanya satu warna : kuning. Di era Reformasi, terbukti peluang bisa jadi apa saja, termasuk jadi pembantu presiden, memacu dan memicu PNS berwarna apa saja. Tergantung arah angin. Bahkan kader parpol non PNS, bukan pejabat karir, tidak terduga bisa nangkring dani nongkrong jadi menteri.
Jangan salahkan PNS pakai seribu jalan menuju Roma. Termasuk pakai kendaraan partai politik. Terjadi persaingan bebas.
 
 
spacer
  
  hentikan penambahan prov, kab/Kota (golda_ab@ya..., 27/06/2011 22:45)
PNS tergantung wilayah kerja, struktur organisasi, beban kerja, kualifikasi SDM. Tidak semua PNS bisa di jalur cepat, melaju dng gigi 3, 4, terlebih gig i 5. Tidak semua dpt kursi jabatan struktural/fungsional. Masih terdapat S2 dan S3, atau golongan IV, cuma hanya jadi staf.
Pemekaran wilayah = penambahan wilayah provinsi, kabupaten/kota sejauh ini sebagai penyebab utama bertambahnya PNS. Tiba-tiba bisa promosi, naik eselon, TKJ dearah otonom > TKJ Pusat.
Belum kasus pemilukada, menambah daya... <108 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 July 2011 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdot12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer