spacer spacer spacer spacer
gatranews spacer

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SEHAT
spacer
 
Menteri Kesehatan:
Penyebab Kanker Tak Hanya Ponsel

Jakarta, 7 Juni 2011 01:04
Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menepis anggapan bahwa hanya penggunaan telepon seluler (ponsel) yang dapat menyebabkan kanker otak tapi banyak hal lain seperti rokok.

"Yang menyebabkan kanker itu banyak di alam, kok yang diributkan hanya ponsel. Itu rokok, tembakau, juga merupakan faktor resiko kanker (karsinogenik), jadi bukan hanya ponsel," katanya di Jakarta, Senin (6/6).

Endang juga mengatakan, hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum konklusif bahwa penyebab kanker otak adalah penggunaan ponsel namun merupakan salah satu faktor resiko di mana penggunaan ponsel yang ekstensif dan dalam jangka waktu lama kemungkinan dapat memicu terjadinya kanker.

"Itu dapat menyebabkan kanker otak, tapi penelitian ini belum konklusif, soalnya timbul gejalanya lama dan berhubungan dengan dosis. Jadi kalau (ponselnya) nempel terus, ya mungkin saja," jelasnya

Meskipun demikian, Endang berharap masyarakat dapat mengikuti himbauan yang dikeluarkan WHO antara lain untuk menggunakan handsfree jika menelpon dalam jangka waktu lama.

"Sepanjang bisa handsfree, ya pakai handsfree. Dan jangan terlalu banyak menggunakan ponsel, apalagi kalau sedang berkendara," katanya.

Sebelumnya, WHO menyimpulkan bahwa selain dapat menyebabkan ketulian, penggunaan ponsel secara berlebihan juga bisa mengakibatkan kanker otak.

WHO merilis hasil kesimpulannya bahwa penggunaan ponsel selama setengah jam sehari dapat meningkatkan resiko kanker hingga 40%. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 July 2011 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdot12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer