spacer spacer spacer spacer
gatranews spacer

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Al Chaidar:
Kelompok Teroris Ada Yang Manfaatkan Media

Bandung, 30 Juni 2011 16:06
Sekelompok teroris ada yang memanfaatkan media massa sebagai penerangan kelompoknya terhadap publik, kata Al Chaidar, pengamat masalah terorisme, saat menjadi pembicara dalam acara diskusi nasional di Universitas Islam Bandung (Unisba), Kamis.

Dalam acara tersebut, dia mengatakan, kelompok teroris seperti Jamaah Islamiyah atau Negara Islam Indonesia memiliki beberapa karakter dalam pergerakannya.

Menurutnya, ada yang lebih memilih menghindar dari media dan tidak memerlukan penjelasan apapun atas tindakan pengebomannya terhadap publik, karena jamaah tersebut menganggap apa yang dilakukannya tidak perlu komentar atau kritikan publik.

"Mereka fokus terhadap tindakannya, karena mereka meyakini hal tersebut sudah benar menurut Al Quran dan tidak perlu ada lagi campur tangan dari orang lain mengenai tindakannya tersebut." jelas Chaidar.

Sedangkan jamaah tahmid, kata Chaidar, lebih cenderung dan memilih untuk memanfaatkan dan "berteman" dengan media massa, salah satu buktinya dulu mereka pernah membuat majalah Al Ikhwan.

Ketika melakukan obrolan langsung dengan jamaah tersebut, Chaidar mengatakan saran pada mereka untuk membuat sebuah stasiun televisi, agar apa yang menjadi pemikirannya bisa dengan mudah dikenal banyak publik.

"Untuk melakukan itu mereka terbentur masalah dana, karena mereka mengakui pembuatan televisi memerlukan dana operasional yang besar, sehingga itu jauh dari perencanaan mereka." paparnya.

Seperti yang diketahui umum, Chaidar mengatakan, dengan adanya kode etik jurnalis, mereka bisa memberikan keterangan dalam media tanpa ada resiko diketahui akan identitasnya.

Menurut Chaidar, salah satu kasus penangkapan jurnalis dari salah satu stasiun televisi swasta Indonesia kemarin, merupakan salah satu bukti kalau mereka berusaha untuk melakukan pendekatan melalui media massa televisi.

Mereka meyakini dan mengetahui besarnya peran media dalam mempengaruhi publik pada umumnya, dan dengan media tersebut mereka bisa menyebarkan syiar dakwahnya. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  demi peringkat (golda_ab@ya..., 30/06/2011 19:03)
Media massa sudah sampai klimaks multifungsinya. Kebebasan berpendapat, mengutarakan hati nurani, menyampaikan aspirasi, memaksakan kehendak, jual omong dan obrolan, mimbar bebas, modus operandi : dialog, diskusi dan debat; kampanye berbasis pembunuhan karakter, running text antar stasiun TV terkadang ada beda data dan komentar.
Banyak yang merasa bisa, merasa pandai, merasa mampu, merasa paling ahli, merasa dialah satu-satunya pilihan - menjadikan media massa tidak netral, steril dan bermartab... <374 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 30 June 2011 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer