spacer spacer spacer spacer
gatranews spacer

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Siswa Bali Juara Pidato Bahasa Inggris

Surabaya, 19 Juni 2011 10:08
Anak Agung Mia Intentilia, pelajar SMA Negeri 1 Kuta, Bali, meraih juara pertama lomba pidato Bahasa Inggris "Erlangga English Speech Contest 2011" di Surabaya, Sabtu (18/6).

"Mia meraih nilai tertinggi dengan 284 poin dan menjadi pilihan para juri sebagai pemenang lomba pidato Bahasa Inggris. Nantinya dia akan ikut babak grand final di Jakarta dan pemenang pertamanya berkesempatan berjalan-jalan ke Singapura," ujar Asisten Manajer Penerbit Erlangga Okta Choirul Alim.

Dikatakannya, Mia akan diadu bakatnya bersama para jawara dari masing-masing provinsi se-Indonesia. Lomba yang digelar kali kedua oleh penerbit Erlangga tersebut bakal dihelat pada 7-10 Juli 2011 di Cilandak Town Squa]re (Citos), Jakarta.

Mia merupakan satu-satunya peserta asal Bali yang mampu menyisihkan 170 peserta se-Jawa Timur. Di bawah Mia, ada Jeannete Cindy Claudia, siswa SMAK Untung Suropati Sidoarjo kemudian disusul Faradilla Nurlita, asal SMK Airlangga Sidoarjo.

Okta Choirul mengatakan, lomba pidato berbahasa Inggris ini digelar rutin setiap tahun dan untuk meningkatkan penggunaan Bahasa inggris di sekolah.

"Kami menilai penggunaan Bahasa Inggris di sekolah, baik dari kalangan guru dan murid sudah bagus, tapi belum maksimal. Bahasa ini juga masih dipandang sebagai bahasa asing sehingga jarang digunakan dalam proses pembelajaran maupun interaksi di luar kelas," tutur Okta.

Sementara itu, salah satu juri lomba pidato Bahasa Inggris, Drs Ari Eko, MPd berharap, kegiatan seperti ini untuk membiasakan siswa menggunakan Bahasa Inggris dalam setiap keperluan.

"Karena itulah kami mendukung kegiatan seperti ini terus dilakukan. Kalau bisa lebih dari sekali dalam setahun," tutur guru asal SMK Negeri 6 Surabaya tersebut.

Menurut dia, penguasaan Bahasa Inggris bagi siswa tingkat SMA sangat penting sebagai penunjang keterampilan dan mendalami materi pembelajaran yang tersedia. Dengan bekal Bahasa Inggris yang memadai siswa SMA akan mendapat kesempatan lebih luas dalam penguasaan materi pembelajaran.

"Kalau bisa, penggunaan Bahasa Inggris di sekolah jangan hanya difokuskan bagi sekolah berstandar internasional (SBI), tapi sekolah non SBI juga sangat penting," tutur Ari Eko. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 21 June 2011 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer