spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
DKI Bahas Banjir dengan Kota dan Kabupaten Bogor

Jakarta, 9 Januari 2008 14:08
Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Rabu, bertemu Wali Kota Bogor Diani Budiarto dan Bupati Bogor Agus Effendi Utara, untuk membicarakan kerjasama antar wilayah dalam berbagai bidang termasuk penanganan banjir di Jakarta.

Keterangan dari Biro Humas dan Protokol Pemprov DKI Jakarta menyebutkan, Fauzi Bowo bertemu dengan Diani Budiarto di ruang kerja Wali Kota di Balaikota Bogor, pukul 10.00 WIB, sedangkan pertemuan dengan Agus Effendi Utara akan dilangsungkan di Pendopo Bupati Bogor, Cibinong pukul 14.00 WIB.

Gubernur DKI Jakarta, dalam sebuah kesempatan, menyesalkan adanya beberapa program rehabilitasi waduk dan situ di sekitar Jakarta yang tidak berjalan, sehingga optimalisasi penampungan air dari hulu tidak berjalan dan mengakibatkan volume air berlebih yang melalui sungai di Jakarta.

"Sejauh ini saya melihat sejumlah program rehabilitasi situ dan waduk tidak berjalan, padahal kesepakatan semua pihak usai banjir besar di Jakarta awal 2007 lalu salah satunya adalah komitmen untuk melakukan rehabilitasi waduk dan situ," kata Fauzi Bowo.

Gubernur DKI menjelaskan selama ini dari beberapa sungai yang ada, hanya sungai Ciliwung yang kerap kelebihan volume air akibat tingginya curah hujan di daerah hulu seperti Bogor dan juga pengaruh pembangunan di kawasan hulu yang seharusnya menjadi daerah resapan air.

"Volume yang besar ini perlu adanya penampungan dan itu bisa dilakukan bila ada waduk atau situ yang berfungsi dengan baik. Kita sudah bicarakan ini dengan sejumlah daerah yang ada di sekitar Jakarta. Besok saya akan bertemu dengan Wali Kota dan Bupati Bogor untuk membicarakan hal ini," paparnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur DKI kembali menegaskan perlunya realisasi pembangunan waduk di Ciawi, Bogor sebagai salah satu upaya untuk menampung kelebihan volume air dari hulu menuju ke Teluk Jakarta.

"Dari sekian banyak alternatif saya lebih memilih pembangunan waduk di Ciawi sehingga kelebihan air dapat ditampung disitu. Selain dapat sebagai salah satu sistem pencegahan banjir, dapat juga digunakan untuk saran rekreasi dan sumber air minum di Bogor dan Jakarta," tegasnya.

Pembangunan Waduk Ciawi sayangnya belum respons pemerintah pusat. Menurut Fauzi, pemerintah pusat beralasan waduk itu memiliki skala yang terlalu kecil. Sementara pembangunan waduk yang terlalu kecil membutuhkan biaya pembangunan yang besar.

Apabila Waduk Ciawi dengan luas 200 hektar selesai terbangun, air sebesar 30 juta meter kubik dapat tertampung. Manfaatnya bagi Jakarta adalah seluas 150 hingga 170 kilometer persegi lahan di daerah timur Jakarta terbebaskan dari banjir.

"Jangan berhenti pada pembangunan waduk saja, harus diikuti dengan keberlanjutan program rehabilitasi situ dan waduk di semua wilayah baik Jakarta maupun sekitarnya termasuk pembangunan bendung-bendung antara di Depok," katanya.

Sejak November hingga Januari, Gubernur DKI melakukan kunjungan dan pertemuan dengan kepala daerah yang bertetangga dengan DKI Jakarta.

Diawali dengan bertemu Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan dan Gubernur Banten Atut Chosiyah kemudian berkunjung ke Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan diakhiri dengan kunjungan ke Kota dan Kabupaten Bogor. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  BUKAN BERITA BARU (oh_ara@ya..., 15/01/2008 20:33)
oH ALA ini ma bukan berita baru, ini sudah basi. dari tahun ke tahun hanya pembahasan dan pembicaraan masalah banjir dari hulu ke hilir. Bang FOKE buat dong gagasan baru dengan kerja nyata, bukan sekedar wacana, kita lihat dulu di DKI saja belum bisa dibenahi, kali yang yang sudah dangkal bahkan di uruk untuk tempat tinggal, kita lihat di Jakarta Utara KalI GEndong, Cakung drain dan banyak lagi kali yang sudah rusak, Bang FOKE tolong ya jangan cuma wacana doang, benahi dulu DKI baru kita bicar... <439 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 13 January 2008 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer