spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
ASIA
spacer
 
Gunung Comoros Keluarkan Lahar

Moroni, 29 Mei 2006 11:18
Lahar menyembur keluar dari kawah gunung berapi di Pulau Grande Comore, yang berada di tengah Samudera Hindia, Ahad (Senin WIB). Pemandangan langit yang menyala membuat warga setempat lari berhamburan ke jalan-jalan.

Warga Moroni ibukota Kepulauan Comoros mengatakan mereka dapat melihat lahar menyembur keluar dari puncak gunung Karthala (2.361 meter), salah satu gunung berapi aktif terbesar di dunia.

"Pada saat saya melihat Karthala mengeluarkan semburan lahar yang berpijar terang kami semua keluar dari rumah untuk melihat apa yang sedang terjadi namun saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya perbuat, karena saya sangat ketakutan," kata Houmadu Saindou (35).

Karthala meletus terakhir pada April 2005 yang membawa dampak bagi kehidupan sebanyak 40 ribu warga yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena takut akan gas beracun dan aliran magma yang disemburkan gunung itu.

Letusan tersebut adalah letusan pertama gunung tersebut dalam kurun waktu lebih dari sepuluh tahun di negara yang letaknya 300 km dari pesisir timur Afrika.

Ahli vukanologi Hamidou Nassor mengatakan kegiatan gunung tersebut juga menambah besar kemungkinan akan terjadinya letusan namun masih terlalu dini untuk dapat mengetahui seberapa besar bahaya yang dapat ditimbulkan dari aktivitas terakhir gunung tersebut.

"Secara nyata terlihat kegiatan letupan kecil namun kita belum dapatb memastikan apakah hal itu disertai keluarnya gas beracun," kata Nassor.

"Ada kemungkinan akan terjadi muntahan lahar yang jauh lebih dahsyat namun belum dapat diperkirakan kearah mana hal itu akan terjadi, karena itu penting bagi kita untuk melakukan pemantauan dari udara untuk melihat apa yang sedang terjadi."

Pasukan Uni Afrika yang berada di Comoros dalam rangka pengamanan pelaksanaan pemilihan umum 14 Mei lalu diperkirakan akan melakukan pemantauan dari udara untuk dapat mengetahui kerah mana kemungkinan lahar dalam jumlah yang lebih besar yang akan dikeluarkan Karthala dan segera dapat menentukan evakuasi di wilayah mana yang harus didahulukan.

Gunung Karthala yang menyimpan kekuatan luar biasa itu dikelilingi lereng yang subur yang ditumbuhi tanaman vanila di pulau Grande Comore pulau terbesar di rangkaian kepulauan Comoros.

Pulau-pulau kecil lainnya sebagian besar terbebaskann dari kerusakan yang diakibatkan oleh gunung berapi itu yang meletus setiap kelipatan 11 tahun selama 200 tahun terakhir.

Pada November lalu Karthala menyemburkan abu dan api di pulau Grande Comore yang menyelimuti sejumlah wilayah dengan abu kelabu yang tebal, di ibukota Moroni dan sejumlah desa. Moroni berjarak sekitar 15 km dari puncak Karthala.

Republik Federal Islam Comoros mencakup tiga pulau yang mempunyai gunung berapi, yaitu Grande Comore, Anjouan dan Mobeli 300 km barat daya Madagaskar. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 May 2006 >>
SuMTW ThFSa
dot123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer