spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Sultan Hasanal Bolkiah Kunjungi Aceh

Menko Kesra Alwi Shihab & Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah (Yahoo! News/AP Photo/Firdia Linsawati)Banda Aceh, 1 Pebruari 2005 14:16
Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, Selasa, mengunjungi Aceh untuk melihat langsung kondisi sebagian daerah itu yang hancur setelah dilanda gempa tektonik dan tsunami sebulan lalu.

Sultan Bolkiah, didampingi Menko Kesra Alwi Shihab, mendatangi sejumlah bagian kota Banda Aceh yang porak-poranda diterjang tsunami, seperti kawasan Ulee Lheu, Punge dan Lampaseh.

Dalam kunjungan ke Ulee Lheu ia sempat menyaksikan mesjid Al-Munawarah, satu-satunya bangunan yang masih berdiri di kawasan itu setelah dihantam tsunami.

Hasanal Boulqiah tiba di bandara Sultan Iskandar Muda , Blang Bintang, sekitar pukul 09.00 WIB dengan menggunakan pesawat khusus Royal Brunei. Kemudian ia langsung menaiki helikopter menuju kota Banda Aceh yang terletak 16 kilometer dari bandara.

Setiba di Banda Aceh ia melaksanakan sholat sunnah dua rakaat di masjid bersejarah dan termegah di kota itu, Masjid Raya Baiturrahman, yang tidak mengalami kerusakan berarti dalam bencana alam pada 26 Desember lalu itu. Menaranya retak dan berlubang.

Di masjid itulah ratusan warga dapat menyelamatkan diri dari hantaman gelombang tsunami, sementara banyak bangunan lain di sekitarnya rusak parah dan ribuan tewas. Ketika berita ini dikirim, Sultan dan Menko Kesra dengan menggunakan dua helikopter militer Brunei sedang menuju Pulau Weh (Sabang) untuk melihat situasi di sana. Sultan juga direncanakan menyerahkan sejumlah bantuan para korban bencana alam tersebut.

Musibah itu hingga kini telah menyebabkan 109.169 orang meninggal dunia dan 127 ribu orang lainnya dinyatakan hilang di Aceh. Selain itu bencana alam itu juga menyebabkan 426.849 orang kehilangan rumah sehingga terpaksa mereka mengungsi di tempat-tempat penampungan sementara.

Menurut rencana, para pengungsi itu akan segera dipindahkan ke tempat-tempat relokasi yang lebih layak.

Pemimpin dunia yang juga sudah mengunjungi Aceh pasca-tsunami antara lain Sekjen PBB Kofi Annan. Negara lain yang turut terkena tsunami antara lain India, Sri Lanka dan Thailand. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Terimakasih (husni_wi@ya..., 04/02/2005 03:24)
Terimakasih kepada Sultan Hasanal Bolkiah dan para Pemimpin Negara sahabat beserta seluruh rakyatnya. Anda semua telah menunjukkan bahwa kita bersaudara. Semoga Allah SWT meridloi amal bantuan anda semua. Amin.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 February 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer