spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Deportasi TKI Ilegal
RI Hargai Keputusan Malaysia

Jakarta, 1 Pebruari 2005 12:40
Pemerintah RI menghargai keputusan pemerintah Malaysia mendeportasi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal di negera tersebut, menyusul berakhirnya masa amnesti 31 Januari 2005.

Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaludin sebelum mengikuti Rapat Paripurna di Gedung MPR/DPR Senayan Jakarta, Selasa, menyatakan bahwa pendeportasian tersebut merupakan upaya dari Malaysia menertibkan tenaga kerja asing yang berada di negara tersebut.

Menurut Hamid, pemerintah RI memahami kebijakan Pemerintah Malaysia tersebut dan akan membantu pula pemulangan TKI-TKI ilegal.

Sebelumnya, pemerintah Malaysia telah bertekad mengusir sekitar 500 ribu TKI ilegal yang masih bekerja di negara tersebut setelah berakhirnya batas waktu amnesti pemulangan pendatang asing tanpa izin pada 31 Januari 2005.

Pemerintah Malaysia berjanji tidak akan melakukan kekerasan dan mengedepankan HAM saat melakukan razia terhadap TKI-TKI ilegal yang masih ditemui di Malaysia.

Hamid mengatakan, banyaknya TKI ilegal yang pulang ke Tanah Air juga tidak menjadi masalah bagi keimigrasian karena hal tersebut telah diantisipasi sejak lama yakni sejak masa amnesti pada November 2004 hingga akhir Januari 2005.

Salah satu upaya pemerintah untuk membantu pemulangan TKI ilegal tersebut antara lain dengan pembebasan biaya Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) bagi mereka karena walau bagaimana pun pemerintah Malaysia juga berkepentingan dengan kembalinya TKI-TKI itu ke sana.

Berbagai sektor seperti perkebunan dan sektor-sektor informal lainnya merupakan lahan bagi TKI-TKI untuk mencari penghidupan di Malaysia. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 February 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer