spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
BALI & NUSA TENGGARA
spacer
 
Demo Awak Bus dan Truk
Jalan ke Pelabuhan Lembar Masih Diblokir

Mataram, 1 Pebruari 2005 11:22
Jalan menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB, Selasa, masih diblokir awak bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan sopir truk, sebagai protes kenaikan tarif penyeberangan mulai 1 Februari 2005.

Para pengunjuk rasa memblokir jalan dengan memarkir kendaraannya menghalangi jalan, sehingga kendaraan tidak bisa masuk ke pelabuhan.

Aksi pemblokiran itu protes terhadap kebijakan kenaikan tarif penyeberangan, yang dinilai memberatkan perusahaan angkutan bus maupun barang itu berlangsung mulai Senin (31/1), sehingga kegiatan penyeberangan dari Lembar menuju Padangbai sempat lumpuh total.

Aksi para pengunjuk rasa yang berkembang jadi keributan itu menimbulkan bentrok fisik dengan aparat kepolisian yang didatangkan ke tempat itu. Sejumlah aparat keamanan dan pengunjuk rasa menderita luka-luka. Kaca bangunan pelabuhan hancur dilempari massa.

Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Lembar-Padangbai, Jhon Suhatril mengatakan, aksi pemblokiran tersebut berlangsung mulai Senin (31/1) sekitar pukul 01,30 Wita hingga 03.00 Selasa dinihari, dilanjutkan lagi mulai Selasa pagi.

Dikatakannya, kapal yang menyeberang dari Padangbai tetap normal, namun dari Pelabuhan Lembar hingga kini masih tertahan di jalan masuk menuju pelabuhan, karena jalan menuju pelabuhan penyeberangan Lembar diblokir awak bus dan sopir truk.

"Penyeberangan di lintas Lembar-Padangbai sempat lumpuh akibat pemblokiran jalan yang dilakukan para awak bus, sopir truk dan pekerja pelabuhan yang memprotes kenaikan tarif penyeberangan tersebut," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, jumlah personil aparat keamanan ditambah dengan menerjunakn personil dari Kepolisian Resor (Polres) Lombok Barat dan Kepolisian Daerah (Polda) NTB.

Sementara itu, salah seorang petugas dari perusahaan penyeberangan PT Jembatan Madura (JM) Dwi mengatakan, akibat pemblokiran jalan bus maupun truk menumpuk di sepanjang jalan masuk ke Pelabuhan Lembar.

"Kami merasa tidak tenang dengan adanya aksi pemblokiran dan aksi perusakan. Karena itu aksi pemblokiran tersebut hendaknya segera dihentikan, karena ini merugikan masyarakat," katanya.

Menurut dia, yang diperkenankan masuk ke Pelabuhan hanya truk yang membawa barang-barang yang tidak tahan lama dan sepeda motor. Sedangkan bus dan truk lainnya distop. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 February 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer