spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Material PT Semen Andalas Dijarah Masyarakat

Banda Aceh, 31 Januari 2005 14:28
Material milik PT Semen Andalas Indonesia (SAI) Lhoknga, Aceh Barat, terus dijarah masyarakat sekitar, yang kehilangan sumber mata pencaharian akibat gempa bumi dan tsunami.

"Setiap harinya belasan masyarakat dari desa sekitar lokasi pabrik semen itu menjarah berbagai jenis material dari bangunan yang sudah porak poranda untuk dijual kepada pedagang barang bekas di Banda Aceh," kata salah seorang saksi mata di Lhoknga, Aceh Besar, Senin.

Pabrik Semen Lhoknga berada sekitar 15 kilometer sebelah barat kota Banda Aceh, sebagian bangunannya kini dalam keadaan berantakan pasca-gempa bumi dan tsunami.

Material milik PT SAI yang banyak diburu masyarakat dalam sebulan terakhir ini berupa kabel berbagai ukuran untuk dijual dalam bentuk kiloan dan besi ukuran kecil yang setiap harinya dipanggul atau menggunakan becak dayung.

Salah seorang aparat keamanan yang berada di sekitar pabrik semen PT SAI mengakui aksi penjarahan material milik perusahaan itu dalam beberapa pekan terakhir ini semakin merajalela, terutama oleh warga masyarakat yang berdomisili di desa sekitar lokasi pabrik SAI.

"Kami tidak dapat melarang karena mereka menjarah material SAI itu, dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, setelah sumber kehidupan mereka hilang akibat tsunami," kata aparat keamanan yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Menurut aparat keamanan itu, bukan masalah penjarahan yang dikhawatirkan, tetapi keselamatan para penjarah ketika mereka memasuki kawasan puing-puing pabrik yang sudah rusak akibat gempa bumi dan tsunami lalu. Harga besi bekas yang ditampung para pedagang di kota Banda Aceh pasca gempabumi dan tsunami lalu rata-rata Rp 1.000 per kilogram. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  "Penjarah" (song_kek@ya..., 05/02/2005 06:45)
Jangan kan Masyarakat, "aparat" yg tidak mengalami bencana saja ikut menjarah. Lebih hebat nya lagi, "mereka" memakai kendaraan "aparat" untuk mengangkut barang milik warga yang mengungsi.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 February 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer