spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Antrian Air Bersih Didominasi oleh Non-Pengungsi

Banda Aceh, 30 Januari 2005 12:06
Ratusan penduduk Banda Aceh setiap harinya, pagi dan sore hari, antri di instalasi air bersih yang dikelola Tentara Australia, namun kebanyakan di antara mereka bukan pengungsi.

"Rumah saya tidak apa-apanya, saya antri di sini karena airnya tidak perlu lagi dimasak, dan bisa langsung diminum. Lagi pula kita diberi secara cuma-cuma, termasuk jerigennya," kata seorang ibu penduduk Aceh yang tidak bersedia disebutkan namanya, di Banda Aceh, Minggu.

Pasukan Australia mengoperasikan instalasi air bersih di kawasan Jembatan Perak Krueng Aceh, yang lokasinya berada di pusat kota dan berada di sisi Gereja Hati Kudus Banda Aceh.

Dengan menenteng jerigen atau botol isi ulang Aqua, penduduk Aceh terlihat tertib antri untuk mendapat air. Mereka yang membawa jerigen yang telah diberi oleh tentara Australia sebelumnya, atau jika membawa botol isi ulang Aqua akan lebih cepat mendapatkan air.

Namun mereka yang tidak membawa jerigen atau botol, tetap juga mendapat jerigen dan air siap minum yang diberikan tentara Australia. Setiap orang biasanya memperoleh dua jerigen yang isinya masing-masing sekitar 15 liter.

Untuk mendapat air bersih itu, warga harus antri mulai pukul 08.00- 11.00 WIB, dan pada sore hari mulai pukul 15.00- 17.00 WIB. Namun sering kali waktu pemberian air lebih lama, jika penduduk yang antri banyak.

Bukan hanya pengungsi yang antri untuk mendapat air, pasukan TNI yang tengah membersihkan kota atau melakukan patroli juga memperoleh air bersih.

Sementara itu, pasukan TNI tetap melakukan penjagaan, sedangkan pendistribusian air bersih sepenuhnya ditangani tentara Australia. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  aduh malunya..... (mtasih@op..., 05/02/2005 21:29)
Air bersih, bantuan2..dipakai oleh yg tdk berhak.Di pasar Aceh, harga telur dll bisa meroket.Penduduk yg tdk kena tsunami,menyewakan rumahnya kpd sukarelawan dg tarif hotel bintang4.Begini parahkah sifat buruk bangsaku???Miskin bukanlah alasan utk bersifat tamak..lihat saja berita ttg anggota dewan yth yg tdk mengembalikan fasilitas negara stlh selesai menjabat.Apa yg salah dr pendidikan akhlak bgs ind yg katanya taat beragama??Kl kita susah, kt menuntut orang lain membantu, tapi dari kita sendi... <160 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 February 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer