spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
IOM Bangun 11.000 Unit Rumah untuk Pengungsi Aceh

Banda Aceh, 28 Januari 2005 15:42
Organisasi Migrasi Internasional (IOM) akan membangun 11 ribu unit rumah semi permanen untuk menampung pengungsi korban bencana alam gempabumi dan gelombang tsunami di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Sebanyak 11 ribu rumah itu diperkirakan mampu menampung 110 ribu pengungsi.

Staf penerangan IOM Christopher Lom di Banda Aceh, Jum`at mengatakan, pembangunan rumah semi permanen tahap pertama akan dilakukan di kawasan Samahani Kabupaten Aceh Besar, sekitar 20 kilometer dari Banda Aceh.

Ia menyebutkan lokasi pembangunan rumah akan ditetapkan oleh pemerintah RI. "IOM tidak bekerja menentukan lokasi pembangunan, kami sangat tergantung pada keputusan Pemerintah RI sendiri di mana saja rumah itu akan dibangun," ungkapnya.

Kontrak untuk pembangunan 11 ribu unit rumah bagi pengungsi itu akan ditandatangani dalam dua hari ini dan pengerjaannya dilaksanakan oleh Departemen Pengerjaan Umum Pemerintah RI.

"Dalam satu bulan mendatang, pembangunan rumah akan dimulai dengan mendatangkan material. Kita masih harus datangkan bahan baku dari luar Aceh karena pabrik semen Aceh yakni PT.Semen Andalas Indonesia (SAI) yang terletak di Lhoknga Aceh Besar hancur total diterjang tsunami sehingga tidak dapat berfungsi," jelas Christopher lebih lanjut.

Sebanyak seribu unit rumah pertama dibangun dengan mendatangkan material dari Bandung, namun untuk pembangunan selanjutnya akan diupayakan alternatif lain yang lebih dekat seperti dari Medan. Dua barak pertama yang dibangun diperkirakan menampung sebanyak 200 kelurga pengungsi.

Sementara itu, desain rumah semipermanen dikerjakan institut Departemen PU Bandung. Pembangunan pemukiman semi permanen ini terlaksanan dengan dana yang berasal dari negara donor seperti Pemerintah Jepang, USA, Canada, Australia dan Switzerland. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Rumah anti gempa di BUKITTINGGI (yabas@vu..., 30/01/2005 07:07)
Kepada Yth. Bapak bapak Pejabat PU di Indonesia.

Kami informasikan bahwa kalau mau membangun rumah didaerah rawan gempa perlu mencontoh design rumah rumah didaerah Bukittinggi, Padang Panjang dan Batusangkar (sekitar Gunung Merapi)
Sumatera Barat. Kawasan ini sering digoyang gempa
bahkan pernah pada awal abat 20 hampir semua rumah konstruksi beton rata dengan tanah. Sesudah kejadian gempa besar yang banyak memakan korban tsb pemerintah kolonial Belanda mendisain rumah ongkos murah dan tahan... <2025 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 February 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer