spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
RSUD Soetomo Siapkan Operasi Pemisahan Kembar Siam

Surabaya, 27 Januari 2005 10:48
Tim dokter RSUD Dr Soetomo Surabaya mempersiapkan operasi pemisahan bayi kembar siam asal Denpasar, Dwipayani-Dwipayanti, Sabtu (29/1).

Ketua Forum Pers RSUD Dr Soetomo Surabaya dr Urip Murtedjo SpB di Surabaya, Kamis, mengatakan, tim dokter kembar siam rencananya hari ini akan melakukan gladi bersih mengenai tahapan-tahapan pelaksanaan operasi yang diperkirakan memakan waktu sekitar 21 jam itu.

"Kegiatan gladi bersih itu sangat penting agar masing-masing anggota tim dokter bisa melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya demi lancarnya operasi," ujar anggota tim dokter kembar siam RSUD Dr Soetomo itu.

Menurut rencana, operasi pemisahan anak pasangan I Gusti Ngurah Eka Laya Kunta dan I Gusti Ketut Sriani pada Sabtu (29/1) akan dimulai pukul 06.30 WIB di Gedung Pusat Bedah Terpadu (GBPT) RSUD Dr Soetomo.

Tim dokter kembar siam yang beranggotakan sekitar 50 dokter spesialis juga terus memantau perkembangan fisik dan kondisi bayi. Berdasarkan hasil pemeriksaan terakhir, bayi berusia delapan bulan itu telah siap menjalani operasi.

"Para dokter akan bekerja maksimal untuk kelancaran operasi nanti dan kami mohon restu dari masyarakat," ujar Urip Murtedjo.

Bayi kembar siam dempet dada hingga perut (toraco abdominal fagus) Dwipayani-Dwipayanti lahir di RSU Sanglah Denpasar pada pertengahan Mei 2004 dan kemudian dirujuk ke RSUD Dr Soetomo sejak 17 Mei 2004 untuk menjalani perawatan lebih intensif.

Selama lebih delapan bulan, Yani-Yanti (panggilan kedua bayi perempuan itu) terus mendapat perhatian intensif dari tim dokter RSUD Soetomo yang telah 12 kali menangani bayi kembar siam.

Sekitar satu bulan lalu, tim dokter melakukan operasi awal terhadap bayi tersebut untuk pemasangan tissue expander yakni sebuah alat untuk pengembangan jaringan kulit sebelum dilakukan operasi pemisahan. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 February 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdot12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer