spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Perundingan dengan GAM Masih Alot

Jakarta, 29 Januari 2005 13:56
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa perundingan antara utusan pemerintah Indonesia dengan kelompok separatis Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helshinki, Finlandia, masih berlangsung alot.

"Masih alot," kata Jusuf Kalla di Jakarta, Sabtu, ketika ditanya mengenai perkembangan pembicaraan di Finlandia tersebut.

Pembicaraan kedua pihak itu diperantarai Crisis Management Initiative (CMI), lembaga yang didirikan mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, saat ini sedang perlangsung pertemuan pertama yang merupakan proses penjajagan. Sedangkan perundingan tahap kedua baru akan dilakukan Sabtu sore ini.

"Perundingan pertama baru berjalan, tapi masih alot," katanya.

Pemerintah RI telah mengirimkan Menko Polhukam Widodo AS, Menkum & HAM Hamid Awaludin dan Menteri Negara Komunikasi & Informasi Sofyan Djalil ke pertemuan itu. Sementara pihak GAM diwakili Malik Mahmud dan Abdullah Zaini.

Pemerintah Indonesia mengharapkan perundingan kali ini bisa mendapatkan jalan bagi penyelesaian menyeluruh dalam masalah separatisme di propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan bahwa pertemuan utusan Indonesia dengan pihak GAM di Helsinki itu bukan dalam tataran formal, melainkan masih dalam taraf informal.

Momentum bencana gempa bumi dan gelombang tsunmi yang melanda NAD dinilai tepat untuk digunakan sebagai dasar perundingan damai secara menyeluruh dengan GAM. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  buat referendum secara nasional ? (sukarindo@ya..., 01/02/2005 06:41)
Tidak perlu berlarut larut mau dilepas atau tidak tanyakan sama masyarakat indonesia semua. Aceh mau lepas atau boleh lepas atau tidak. buat seperti waktu pemilu, semua masyarakat disuruh memilih aceh mau dilepas atau tidak? Karena aceh bagian dari masyarakat indonesia ya semua masyarakat indonesia diikutsertakan. Mau dilepas boleh kalau semua masyarakat menghendaki kalau tidak ya nggak usah dilepas.
 
 
spacer
  
  Perlukan ada perundingan ? (keboijombalelo@ya..., 30/01/2005 08:12)
Untuk menjaga keutuhan NKRI hendaknya Pemerintah Indonesia secara tegas dan lugas tidak melayani permintaan perundingan apapun jika ada sekelompok orang ingin memperjuangkan daerahnya untuk merdeka (keluar dari NKRI). Pengiriman utusan Indonesia untuk berunding dengan pihak GAM, bisa ditafsirkan bahwa Pemerintah Indonesia mengakui existensi wilayah Aceh sebagai bukan wilayah NKRI. Wilayah Aceh adalah wilayah NKRI ini merupakan harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Oleh karena itu siapap... <921 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer