spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Kembar Siam Dwipayanti-Dwipayani Jalani Operasi Pemisahan

Surabaya, 29 Januari 2005 10:14
Bayi kembar siam dempet dada hingga perut Dwipayanti-Dwipayani asal Denpasar, Bali mulai menjalani operasi pemisahan di RSUD DR Soetomo Surabaya, Sabtu.

Proses operasi dimulai sekitar pukul 06.30 WIB dengan tahapan bayi dipindahkan dari ruang Burn Unit ke ruang operasi di lantai 6 gedung Bedah Pusat Terpadu. Operasi tersebut diperkirakan selesai Minggu (30/1) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Tahapan pertama, tim dokter melakukan pemasangan selang infus pernafasan dan pembiusan pada kedua bayi berusia sembilan bulan putra pasangan I Gusti Ngurah Eka Laya Kunta dan I Gusti Ketut Ayu Sriyani itu.

Tim dokter kembar siam tampak sibuk dan berhati-hati menjalani tahapan awal operasi tersebut. Setelah menjalani proses induksi dan anestesi selama sekitar satu jam, kedua bayi itu kemudian dipindahkan ke ruang sterilisasi di lantai satu, untuk persiapan operasi pemisahan yang dijadwalnya dimulai pukul 10.00 WIB.

Ketua tim dokter kembar siam RSUD DR Soetomo, Dr. Teguh Sylvaranto mengatakan, proses induksi dan anestesi berlangsung lancar sesuai rencana dan setelah proses ini kedua bayi siap menjalani operasi pemisahan.

Menurut dia, pada saat operasi pemisahan nanti, ada satu hal ang sangat dikhawatirkan oleh tim dokter, yakni hypotermia (gangguan suhu tubuh) pada bayi, karena suhu di ruang operasi akan didinginkan sekitar 20-21 derajat celsius.

"Penyesuaian kondisi suhu di ruang operasi untuk kenyamanan tim dokter menjalankan tugas selama opoerasi berlangsung dan hal ini jelas akan mempengaruhi suhu tubuh keuda bayi, tapi kami sudah melakukan antisipasi dengan menyiapkan matras hangat untuk kedua bayi agar kondisinya tetap stabil," katanya.

Sementara itu, kedua orangtua kembar siam dengan didampingi sejumlah kerabatnya terlihat mengikuti tahapan operasi yang dilakukan tim dokter dan wajah tegang tampak terlihat pada kedua orangtua bayi tersebut.

Namun demikian I Gusti Ngurah Eka Laya Kunta, tetap tenang dan berharap operasi berjalan dengan lancar.

"Kami menyerahkan sepenuhnya kepada tim dokter untuk melakukan yang terbaik pada anak kami, semoga semuanya berjaklan lancar dan tak ada kendala," katanya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer