spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Aceh
Suasana Haru Warnai Hari Pertama Sekolah

Banda Aceh AcehKeharuan Warnai Hari Pert, 26 Januari 2005 11:26
Suasana haru mewarnai program Kembali Ke Sekolah bagi siswa mulai dari TK hingga SLTA di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang dicanangkan mulai Rabu oleh Mendiknas Prof. Dr. Bambang Soedibyo.

Sebagaimana terlihat di SMU Muhammadiyah I Banda Aceh misalnya, kepala sekolah Drs. Hamzah terlihat tidak mampu menahan air matanya sewaktu memberi kata sambutan.Dia mengatakan, banyak siswa, guru serta keluarga besar SMU Muhammadiyah yang hilang akibat terkena tsunami, tepat sebulan yang lalu.

"Dari 398 siswa, 225 di antaranya belum ada kabar, apakah mereka menjadi korban atau mengungsi pindah ke daerah lain," kata Hamzah dalam pembukaan kembali sekolahnya, yang dihadiri Prof. Dr. Din Syamsuddin, salah seorang ketua pada Pengurus Pusat Muhammadiyah. Menurutnya, hingga enam bulan ke depan proses belajar- mengajar akan berlangsung dalam suasana amat prihatin.

Sementara itu, di SMP Muhammadiyah Banda Aceh, dua dari 17 guru sekolah tersebut dipastikan meninggal, sedangkan lima guru lain masih belum diketahui kabarnya.

"Jumlah siswa yang tersisa sekarang belum diketahui karena baru hari ini diadakan pendataan murid," kata Nurhayati, guru SMP Muhammadiyah. Para guru dan sejumlah siswa yang menghadiri upacara tersebut terlihat tidak mampu menahan air mata mereka.

Din Syamsudin dalam sambutannya mengatakan bahwa PP Muhammadiyah mengadakan sekolah gratis di daerah bencana Tsunami.Daerah-daerah itu adalah Calang, Tapaktuan, Meulaboh, Sigli, Lhok Sukon, Banda Aceh dan Lhokseumawe. Sekitar 4.000 siswa diperkirakan akan menjadi bagian dari pendidikan gratis bagi korban bencana tsunami tersebut.

Selain itu, kata Din Syamsuddin, Muhammadiyah mengirim guru relawan ke lokasi-lokasi tersebut dan rencancanya mulai disalurkan ke sekolah-sekolah mulai Kamis.Saat ini telah tiba 39 guru relawan yang direkrut PP Muhammadiyah dari beberapa daerah seperti Yogyakarta dan Jawa Barat. Jumlah tersebut juga diharapkan akan bertambah.

Sementara itu, bantuan buku pelajaran dan buku tulis juga akan segera disalurkan oleh Muhammadiyah ke sekolah-sekolah di daerah bencana.Sekitar 200 siswa yang merupakan gabungan dari sejumlah sekolah yang terletak di sekitar SMU Muhammadiyah I Banda Aceh tampak ikut dalam acara Program Kembali Ke Sekolah.Sebagian dari mereka tidak memakai baju seragam dan hanya bersandal. Mereka juga ada yang menyandang tas sekolah.

Di dua sekolah tersebut pada hari pertama masuk sekolah itu siswa belum diberikan mata pelajaran. Acara pembukaan kembali sekolah itu dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Setelah pendataan murid selesai dilakukan, para siswa diperbolehkan pulang ke rumah atau tempat penampungan masing-masing.

Bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda sebagian wilayah Aceh pada 26 Desember lalu menewaskan lebih dari seratus ribu orang, memporak-porandakan kota-kota yang terletak di tepi pantai serta memaksa ratusan ribu warga mengungsi di tempat-tempat penampungan sementara.

Selama satu bulan ini praktis proses belajar-mengajar di wilayah yang terkena bencana itu terhenti, karena sangat banyak gedung sekolah hancur dan guru sekolah tewas atau hilang.Kerugian material di sektor pendidikan akibat tsunami di Aceh diperkirakan bernilai lebih dari 300 miliar rupiah. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Mudah-mudahan semangat itu tetap ada (nsputra2004@ya..., 27/01/2005 03:14)
Mudah-mudahan semangat untuk menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh tidak luntur. Tetaplah semangat wahai adik-adikku generasi pembangun bangsa. Sambutlah hari depanmu dengan kepala tegak dan bersiaplah untuk meniti perjalanan yang tentu tidak mudah. Namun berbekal semangat tinggi, Insya Allah kalian akan menjadi calon2 pemimpin yang akan membawa Aceh pada khususnya dan Indonesia pada umumnya ke keadaan yang lebih baik.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer