spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Banjir di Jakarta Timur Mulai Surut

Jakarta, 25 Januari 2005 12:00
Meski hujan masih turun, banjir di sejumlah wilayah di Jakarta Timur, Selasa, berangsur-angsur surut.

"Saat ini kondisi banjir di daerah Cawang, Rawa Teratai dan Kampung Melayu yang sebelumnya cukup parah berangsur-angsur mulai turun. Tinggi air di pintu air Depok dan Manggarai juga relatif normal," kata petugas Posko Banjir Sudin Trantib Jakarta Timur, Dayat, di Jakarta, Selasa.

Sementara itu menurut Suhardjo, petugas di Pintu Air Manggarai, hingga Selasa pukul 10.00 WIB tinggi air di Pintu Air Manggarai dan Depok masing-masing 750 dan 132 sentimeter, dibanding kondisi normal di kedua tempat tersebut masing-masing 750 dan 170 sentimeter.

"Kondisi hujan yang cuma rintik-rintik seperti ini biasanya banyak berpengaruh. Yang masih perlu diwaspadai dalam kondisi pintu-pintu air di Depok, kalau tingginya mulai naik kita harus segera mempersiapkan diri," kata Dayat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Posko Banjir Jakarta Timur, menurut Dayat, sudah mempersiapkan peralatan yang diperlukan seperti perahu karet dan pelampung.

"Kami juga tetap siaga di posko untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Saat ini terdapat sepuluh orang petugas siaga," katanya.

Sementara itu menurut Lurah Kampung Melayu, Luthfi Kamal, saat ini kondisi banjir di wilayahnya juga tidak mengalami kenaikan yang berarti.

"Kini keadaan aman-aman saja. Sebenarnya senja kemarin sudah mulai surut, tetapi karena hujan lagi air sedikit naik," katanya.

Menurut dia saat ini jumlah pengungsi akibat banjir di Kampung Melayu sebanyak 914 orang. Bantuan berupa makanan untuk mereka juga terus mengalir.

"Pagi tadi PMI menyiapkan sekitar seribu porsi bubur kacang hijau, sedang KNPI menyiapkan sekitar 500 gelas susu," katanya.

Bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) itu menurut dia diberikan secara rutin.

Sekalipun ketinggian air di beberapa pintu air mulai surut tetapi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menghimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir karena data prospek cuaca mingguan BMG menyebutkan bahwa hujan lebat akan terjadi pada 25 hingga 28 Januari 2005 di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek). [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Mengapa baru surut ? (riem@my..., 26/01/2005 23:10)
Bila dibandingkan dgn wilayah banjir lainnyadi Jakarta,maka wilayah Jakarta Timur terlambat surutnya disebabkan karena :
1. Aliran menuju ke laut semakin berkurang oleh penyempitan akibat bangunan2 liar dan timbunan sampah serta pengendapan lumpur yg tidak pernah dikeruk sewaktu musim kemarau.
2. Daerah resapan air (Sunter, Pulo Mas, Kelapa Gading, Cipinang, Cibubur) terus dibangun u/ dijadikan Mall/Ruko dan Apartment yg sudah jenuh.
3. Danau Ria Rio serta danau- danau alam lainnya dibiarkan ... <185 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer