spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
OLAHRAGA
spacer
 
Liga Italia Serie A
Zoff Latih Fiorentina

Dino Zoff (Yahoo! News/AFP/File/Gabriel Bouys)Milan, 25 Januari 2005 07:44
Mantan pelatih Italia Dino Zoff mengakhiri masa pengasingan lebih dari tiga tahun dari sepakbola dengan mengambil-alih posisi pelatih klub Seri A Fiorentina.

Fiorentina mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis pada Senin bahwa Zoff (62) menggantikan Sergio Buso dan akan langsung memimpun tim dalam perempatfinal Piala Italia melawan AS Roma pada Rabu.

"Saya bahagia datang dan diberi tanggung jawab di klub besar dan saya pikir bahwa kami bisa melakukan dengan sangat baik," kata Zoff.

"Saya datang ke Florence dengan antusiasme tinggi dan ingin kembali ke lapangan dan bekerja." Zoff, kapten tim saat Italia juara Piala Dunia 1982, menjadi pelatih ketiga Fiorentina musim ini setelah Buso menggantikan Emiliano Mondonico, yang dipecat Oktober.

Klub mengatakan Buso, yang sebelumnya pelatih kiper sebelum memimpin tim inti, akan tetap sebagai staf klub.

Fiorentina kini makin mendekat zona degradasi di posisi ke-15 setelah kalah tiga kali dalam empat laga terakhir, termasuk kekalahan 1-1 atas tamunya Roma pada Minggu.

"Saya memantau Fiorentina seperti saya memantau sepakbola secara umum dan saya harus katakan bahwa dengan kualitas para pemain seperti ini tim sebenarnya todak beruntung menuai hasil seperti itu," kata Zoff.

"Sebelum melakukan langkah pertama saya akan berbicara pada pemain dan memahami situasinya. Namun, saya sangat percaya diri dan saya tidak sabar untuk mulai," tambahnya.

Gol Emas Zoff mengasingkan diri dari pertandingan sejak dia dipecat dari posisi pelatih Lazio pada September 2001.

Sebagai pelatih Italia Zoff membawa Azzurri ke final Euro 2000 dimana mereka kalah akibat gol emas (golden goal) atas Perancis.

Mantan kiper Juventus mundur sesaat setelah pertandingan menyusul kritik terbuka dari Perdana Menteri Italia dan presiden AC Milan Silvio Berlusconi, yang saat itu menjadi pemimpin partai oposisi.

Sebelum melatih timnas Zoff melatih Juventus dimana mereka juara Piala UEFA dan Piala Italia dan kemudian Lazio.

Fiorentina kembali ke Seri A musim ini setelah dibentuk ulang setelah klub kota Florence yang semula bangkrut pada 2002.

Pemilik klub Diego Della Valle melakukan investasi besar untuk mendapat pemain baru, membawa striker Italia Fabrizio Miccoli dari Juventus, pemain tengah Jepang Hidetoshi Nakata dan bek Ceko Tomas Ujfalusi.

Namun, "La Viola" hanya menuai lima kemenangan dalam 20 pertandingan musim ini.

Klub kota Florence itu tudak memberi detil kontrak Zoff, tetapi media Italia melaporkan dia menandatangani kesepakatan yang berlaku hingga akhir musim ini dengan opsi melanjutkan pada tahun berikutnya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer