spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SULAWESI
spacer
 
Pasca Gempa Palu
Masih Banyak Warga Bertahan Di Lokasi Pengungsian

Palu, 25 Januari 2005 07:26
Masih banyak warga Kota Palu yang mengungsi ke sejumlah titik ketinggian, menyusul gempa tektonik berkekuatan 6,2 Skala Rither yang terjadi Senin (24/1) memilih untuk tetap bertahan sekalipun pemerintah setempat telah mengimbau warga segera kembali ke rumah masing-masing.

"Kami sengaja belum ingin kembali ke rumah, sebab masih trauma atas gempa yang baru saja mengguncang Kota Palu," kata Ny Faridah (45), warga kampung Baru, kecamatan Palu Barat kepada kantor berita Antara di lokasi pengungsian di desa Duyu, sekitar lima kilometer dari pusat kota, Selasa.

Ibu rumah tangga itu mengaku, ia bersama dengan tiga tetangganya beberapa menit setelah gempa mengguncang Palu langsung meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke Stadion Gawalise.

Keterangan senada disampaikan Arie (42), warga Jl Lembu Palu Selatan yang mengungsi ke lereng Gunung Gawalise di Kecamatan Marawola.

Ayah empat putra yang bekerja sebagai buruh bangunan ini mengatakan, waktu gempa pertama dan kedua kali, mereka hanya ke luar rumah untuk menghindari kemungkinan reruntuhan bangunan.

Namun, beberapa menit kemudian, terdengar teriakan awas air laut sudah naik dan warga berbondong-bondong meninggalkan rumah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Saya dan keluarga saat itu juga dengan pakaian di badan langsung mengungsi ke lereng gunung," katanya.

Menurut pria kelahiran Tanah Toraja (Sulsel) itu, mereka memilih tinggal sementara beberapa hari lagi di lokasi pengungsian, sebab khawatir ada gempa susulan yang lebih besar dan gelobang tsunami.

Menurut dia, pemerintah daerah memang telah mengumumkan agar warga yang mengungsi ke berbagai tempat perbukitan di sekitar dan Lembah Kota Palu untuk kembali ke rumah masing-masing.

Menurut kantor berita Antara, di sejumlah lokasi yang dijadikan tempat pengungsian warga antara lain Bukit Jabal Nur, Lasoani,Donggala Kodi, BTN Silae, Stadion Gawalise, Duyu, Marawola, Binangga, BK dan desa Lebano.

Di lokasi pengungsian, para pengungsi tersebut masih banyak warga yang datang dari berbagai penjuru di kota Palu dan sekitarnya memilih untuk tetap bertahan.

Sementara hampir sebagian besar warga yang mengungsi dan telah kembali ke rumah, memilih tidur di teras rumah dan sebagian lagi menggelar tenda di halaman.

Warga tampaknya masih khawatir akan adanya gempa susulan sehingga mereka memilih beristirahat di teras dan halaman rumah masing-masing. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer