spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
WISATA & HIBURAN
spacer
 
MPI Bali Ikut Bina Pelaku Usaha Pariwisata

Denpasar, 24 Januari 2005 10:44
Kehadiran Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) Bali akan ikut membantu dan membina pelaku usaha pariwisata dalam meningkatkan kemampuan mengelola usaha melalui bimbingan, pendampingan, konsultasi, pendidikan dan pelatihan.

Upaya itu dilakukan secara terkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah serta komponen masyarakat setempat, kata Ketua MPI Bali, I Wayan Budarmadja di Denpasar, Minggu.

Melalui berbagai kegiatan itu diharapkan mampu lebih intensif mengembangkan potensi kepariwisataan bagi kesejahteraan masyarakat, namun tetap menjaga komitmen, yakni memelihara dan melestarikan seni budaya Bali yang diwarisi secara turun temurun.

Selain itu, MPI Bali berupaya berperan-aktif dalam memberi masukan kepada Pemprop Bali dalam merumuskan pembangunan, pengembangan, pelestarian dan pemeliharaan menyangkut pariwisata dan budaya.

Budarmadja menambahkan, kehadiran MPI di Bali juga akan menjalin kerja sama dengan pengurus desa adat maupun organisasi pertanian tradisional Bali (subak), yang selama ini menjadi salah satu potensi penting bagi kepariwisataan Bali.

"MPI akan mengadakan pertemuan secara berkesinambungan dengan pengurus desa adat maupun organisasi subak untuk membahas berbagai hal, termasuk pelestarian dan pemeliharaan budaya daerah," ujarnya.

Upaya yang tidak kalah penting akan dilakukan MPI Bali, menyangkut jaringan kemitraan, menyebarkan informasi kepariwisataan serta pendokumentasian obyek wisata untuk dihimpun dalam database.

Selain itu, memerankan institusi sebagai sebuah lembaga penghubung antara masyarakat pelaku pariwisata dengan lembaga-lembaga keuangan yang dapat membantu menyalurkan kredit, ujar Budarmadja. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer