spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
WISATA & HIBURAN
spacer
 
100 BPW dan Wartawan Pariwisata Jepang ke Bali

Denpasar, 22 Januari 2005 12:12
Sekitar 100 orang pimpinan Biro Perjalanan Wisata (BPW) dan para wartawan pariwisata dari Osaka, Jepang, menurut rencana berkunjung ke Pulau Dewata selama empat hari, 27 sampai 30 Januari mendatang.

Kehadiran para pelaku bisnis pelancongan dan jurnalis dari Negeri Sakura tersebut, untuk mengetahui secara langsung kondisi keamanan, kenyamanan, sosial, ekonomi masyarakat Bali pascagempa dan tsunami yang melanda kawasan Asia Tenggara dan Selatan.

Simon P. Hasibuan, manajer pemasaran Air Paradise International (API), di Denpasar, Sabtu, mengemukakan bahwa kegiatan "educational tours" tersebut, untuk menjawab keraguan masyarakat Jepang tentang kondisi Pulau Dewata pascabencana alam.

Gempa dan tsunami melanda Asia, khususnya Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumut, menimbulkan kekuatiran dan keraguan pada masyarakat bahwa Indonesia secara keseluruhan kondisinya jadi rawan.

"Padahal Indonesia itu luas, Bali jauh dari Aceh maupun Sumut serta Alor, NTT dan Nabire, Irian yang merupakan daerah dilanda gempa. Dengan datang langsung ke Bali, mereka biar yakin serta obyektif menilai kondisi Bali," ucapnya.

Kekuatiran itu tidaklah berlebihan, karena wilayah Jepang merupakan kawasan rawan gempa dan tsunami, sehingga masyarakatnya sangat "sensitif" terhadap bencana alam tersebut.

Sementara itu, persepsi yang "berlebihan" menanggapi kondisi geografis Indonesia tersebut, khususnya bagi Bali akan sangat merugikan. Karena, selama ini Jepang merupakan pemasok turis terbesar ke Bali.

Selama tahun 2004, dari total jumlah wisman ke Pulau Dewata sebanyak 1.457.227 orang, Jepang memasok terbesar sebanyak 326.397 orang atau 22,39 persen.

"Kita kuatir wisman asal Jepang ke-Bali menjadi menurun, karena kecenderungan itu mulai tampak pascagempa dan tsunami.

Indikasinya `load factor` atau tingkat isian armada API yang melayani jalur Bali-Osaka PP (pergi-pulang) tiga kali setiap pekannya menurun menjadi 60 persen, sebelumnya 80 sampai 90 persen," ungkapnya.

Untuk menepis keraguan warga Jepang tentang Bali, "educational tours" ini merupakan salah satu jawabannya. Selama di Bali pebisnis dan wartawan wisata Jepang akan mengunjungi berbagai obyek wisata yang ada dan berdialog dengan pebisnis pelancongan setempat.

Simon menuturkan, kegiatan ini merupakan kerja sama pebisnis wisata di Bali yang mempunyai pasar Jepang dan maskapai penerbangan yang melayani jalur Bali-Jepang, Garuda Indonesia serta API tergabung dalam "Rasa Sayang". [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer