spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
WISATA & HIBURAN
spacer
 
Masyarakat Yogya Kurang Sadar Pariwisata

Yogyakarta, 21 Januari 2005 14:18
Masyarakat Yogyakarta sebagai warga yang tinggal di salah satu kota atau daerah tujuan wisata di Indonesia, ternyata belum banyak yang menopang atau mendukung kepariwisataan di daerahnya.

"Masyarakat Yogya sepertinya kurang sadar pariwisata, terbukti masih banyak warga yang berperilaku yang kurang mendukung sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Yogyakarta FX Kaswanto, di sela-sela mengikuti diskusi tentang `Revitalisasi Kawasan Malioboro`, di Yogyakarta, Kamis. Menurut dia, perilaku warga masyarakat yang kurang mendukung sektor pariwisata itu, menjadi salah satu kendala yang dihadapi dunia pariwisata di Yogyakarta.

Disebutkannya, beberapa sikap dan perilaku warga masyarakat yang belum menunjukkan kesadaran pariwisata diantaranya masih adanya pedagang makanan dan minuman lesehan di sepanjang jalan Malioboro yang sering mematok harga tinggi (pasang tarif tinggi) kepada wisatawan, serta warga masyarakat enggan memberi informasi yang benar kepada wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Kaswanto mengatakan, sikap dan perilaku warga masyarakat Yogyakarta yang belum sadar wisata ini akan sangat berdampak pada citra pariwisata di daerah ini.

Dinas Pariwisata sendiri, kata dia, sudah menempuh atau melakukan berbagai upaya untuk membina kelompok-kelompok masyarakat, diantaranya dengan membuat standarisasi serta daftar tarif bagi pedagang makanan lesehan, membina becak wisata dengan dibekali pengetahuan pariwisata serta kursus bahasa Inggris.

Namun, upaya ini diakui Kaswanto belum dapat atau belum mampu merubah sikap warga masyarakat yang kurang sadar pariwisata tersebut, dan untuk merubahnya perlu waktu lama.

Ia berharap agar masyarakat bersama para pendukung pariwisata di Yogyakarta memberikan informasi serta pelayanan yang baik kepada wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Biasa...... Aji mumpung (nurbaety@wa..., 31/01/2005 23:42)
Jurus "Aji Mumpung" memang banyak digunakan dalam menghadapi wisatawan asing maupun lokal, sehingga praktek "nuthuk" alias "nggetok" alias "ambil untung se besar2nya" untuk harga barang,makanan maupun tarip terlihat sudah berurat berakar dalam masyarakat yang terkait dalam sektor pariwisata di Yogya.
Ambil untung sebenarnya sah-sah saja asalkan dalam batas yang wajar.
Tetapi bila disertai jurus yang membuat "kapok" wisatawan untuk datang lagi mengunjungi Yogya, siapa yang akan menjamin bahwa ... <427 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer