spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
MALUKU & PAPUA
spacer
 
Kelangkaan Semen
45 Kontainer Semen Masuk Ambon

Ambon, 20 Januari 2005 10:18
Merapatnya Kapal Motor (KM) Panmas dan KM.Tasik yang merupakan dua buah kapal kontainer dengan membawa semen sejak Rabu (19/1) di pelabuhan Yos Soedarso Ambon hanya bisa membuat bahan bangunan itu bertahan tiga hingga empat hari di pasaran.

"Dua kapal barang ini hanya membawa 45 kontainer semen dimana satu peti kemas itu memuat sekitar 300 sak semen sehingga kalau dikalkulasikan, jumlahnya relatif sedikit dibanding kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi," kata Kasubdin Perdagangan Dalam Negeri dan Metrologi, Disperindag Maluku, Amin Mustakim, di Ambon, Kamis.

Kebutuhan akan bahan bangunan semen untuk masyarakat di daerah ini rata-rata mencapai 45 kontainer setiap bulan sedangkan barang yang masuk relatif sedikit, kecuali kalau ada kapal barang lainnya yang masuk setiap minggu baru pasokan lancar sehingga tidak terjadi kelangkaan.

Ketidaklancaran pemasokan semen di pasaran Ambon sejak beberapa bulan jelang akhir 2004 hingga saat ini disebabkan kesalahan konsumen dan distributor yang lebih menggunakan semen merek tonasa dibanding merek lain seperti semen kupang, bosowa atau tiga roda.

Selain itu pabrik curah (pakking plan) di pelabuhan gudang Arang Ambon belum dapat beroperasi akibat dua kapal pemasok semen tonasa dari Makasar mengalami kerusakan dan sedang doking.

Dikatakan, bila dua kapal ini masih terus mengalami perbaikan sampai batas waktu tertentu maka Disperindag akan melakukan koordinasi dengan Pemda Maluku untuk mempertanyakan kejelasan pemilik kapal, dan kalau tidak ada jawaban maka sudah waktunya pemda memikirkan alternatif lain untuk mengatasi kelangkaan semen.

"Pemda bisa minta kesedian Dinas Perhubungan melakukan koordinasi dengan Menhub untuk menyediakan kapal khusus yang arealnya mencakup wilayah timur Indonesia termasuk Maluku," ucapnya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer