spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
ASIA
spacer
 
Thailand Bongkar Kuburan Massal Korban Tsunami

Pembongkaran Kuburan Massal di Thailand (Yahoo! News/AP Photo/Richard Vogel)Phang Nga, 11 Januari 2005 18:52
Thailand akan membongkar kuburan massal ribuan korban tsunami dan memulai tugas mengidentifikasi para korban, termasuk warga asing.

Tsunami yang diakibatkan gempa berkekuatan 9 skala Richter telah memporak-porandakan kawasan pesisir samudra Hindia dan menewaskan 156 ribu jiwa.

Di Thailand, tempat ratusan wisatawan asing kehilangan nyawa, pemerintah membongkar kembali kuburan massal 600 jenazah yang dimakamkan secara tergesa-gesa, untuk dilakukan uji forensik secara penuh. Lebih dari 2 ribu dari 5.300 korban jiwa telah teridentifikasi.

Bahkan jenazah yang sudah melalui pemeriksaan dasar forensik harus diulang kembali proses identifikasinya.

Dari 2.159 orang-orang yang belum didetifikasi 1.974 meninggal di wilayah wisata pantai di provinsi Phan Nga, tempat tsunami menghancurkan hotel-hotel di pantai Khao Lak yang dipadati turis asing dan masih banyak lagi korban lainnya yang tak diketahui secara pasti jumlahnya, yakni warga desa nelayan di area tersebut.

Seorang pejabat di kantor penanggulangan bencana di pulau Phuket, tak jauh dari Phang Nga mengatakan, proses identifikasi dari etnik korban jiwa seringkali hanya berdasarkan secara visual saja.

"Mulai saat ini pada saat kita mengidentifikasi korban jiwa, kita harus mengetahui nama korban dan sejumlah keterangan lainnya yang menerangkan jati diri korban."

Badan Pangan dunia (WFP) mengatakan pihaknya merasa optimis para korban tsunami yang masih hidup tak akan mengalami kelaparan dan bantuan pangan serta obat-obatan akan mencapai mereka semua dalam waktu sepekan.

Bantuan berupa makanan, obat-obatan dan tenda serta air bersih untuk minum telah diterbangkan ke wilayah yang terkena bencana. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer