spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
EROPA
spacer
 
Abbas: Palestina Merdeka, Perbatasannya Seperti 1967

Mahmud Abbas (Yahoo! News/AFP/Awad Awad)Roma, 11 Januari 2005 11:40
Pemimpin Palestina terpilih Mahmud Abbas, dalam satu wawancana yang dipublikasikan di Roma, Senin mengatakan, Palestina merdeka perbatasannya seperti pada 1967, dengan Jerusalem timur sebagai ibukota.

Abbas mengatakan pada Corriere della Sera bahwa ia siap bertemu dengan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon kapan saja, guna membicarakan cara untuk menimbulkan perdamaian di Timur Tengah.

"Adalah tugas kami untuk menemukan solusi bagi konflik ini," katanya. "Kami tidak dapat menemukannya tanpa berbicara satu sama lain dan tanpa ikutserta dalam pembicaraan yang pasti akan keras, tapi yang akhirnya akan harus mencapai sebuah perjanjian."

Namun Abbas menambahkan, Palestina tidak dapat menerima sebuah perjanjian yang memberi mereka kurang dari sebuah negara di tanah yang diduduki oleh Israel pada perang Timur Tengah 1967 dan dengan Jerusalem timur sebagai ibukotanya.

"Kami tidak bisa menerima sebuah perjanjian yang tidak menawarkan solusi yang adil dan dirundingkan atas masalah pengungsi Palestina", yang meninggalkan rumah mereka ketika Israel didirikan pada 1948.

"Prinsip itu telah dinyatakan secara terbuka dan jelas oleh Presiden AS George W. Bush ketika ia menjelaskan visinya tentang perdamaian di Timur Tengah," kata Abbas.

"Warisan yang Yasser Arafat tinggalkan adalah menjadi perunding yang keras di satu sisi dan pragmatis moderat di sisi lainnya," kata Abbas, menunjuk pada pendahulunya, presiden Palestina yang meninggal November lalu.

Ketika ditanya soal rencana perdamaian internasional yang dikenal sebagai peta jalan, Abbas mengatakan peta jalan itu masih ada, meskipun dikesampingkan oleh rencana Sharon untuk mengakhiri kehadiran Israel di Jalur Gaza, sementara menggantung sejumlah bagian di Tepi Barat dan Jerusalem timur.

"Pemimpin Palestina menerima peta jalan itu dan masih bersiap untuk membuatnya berlaku. Kami akan seperti Israel untuk melakukan yang sama," katanya.

Abbas berbicara pada Corriere della Sera sebelum hasil resmi menyatakan dia pemenang pemilihan Minggu dengan lebih dari 62 persen suara yang masuk. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Lagi-lagi Bush... (nie2206@ya..., 12/01/2005 01:16)
Bush, masih kurang puas-kah engkau memporak-porandakan negara Islam..?! sekarang ikut campur lagi masalah Palestina dengan mengatas namakan PERDAMAIAN DI TIMUR TENGAH...
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer