spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
ASIA
spacer
 
Thailand Pecat Kepala BMG-nya

Bangkok, 7 Januari 2005 10:30
Perdana Menteri Thaiksin Shinawatra mengatakan, Thailand memecat kepala lembaga meteorologinya dan mengusut penyebab gagalnya peringatan dini akan terjadinya tsunami, 26 Desember lalu, yang mungkin akan menyelamatkan ribuan jiwa.

"Ketika gempa berkekuatan 8,9 - 9,0 pada skala Richter mengguncang Sumatera, secara luas dapat diketahui akan terjadi tsunami. Tetapi mengapa tidak ada peringatan? Saya sungguh ingin mengetahui kebenarannya," kata Thaksin kepada para wartawan, belum lama ini.

Sehari setelah gelombang mematikan itu menghancurkan pantai Laut Andaman, Kepala Departemen Meteorologi Suparerk Tansriratanawong telah mengetakan kepada para wartawan Thailand tidak dilanda tsunami selama lebih dari 300 tahun dan tidak ada alasan untuk mengkhawatirkannya.

Namun koran berbahasa Inggris The Nation, mengutip seorang anggota departemen itu dengan tidak memuat namanya minggu lalu yang mengatakan bahwa peringatan mengenai terjadi tsunami tidak dibuat, karena takut akan merusak industri pariwisata yang penting pada masa puncaknya pada akhir tahun, jika ternyata tsunami itu tidak terjadi.

"Selama pemeriksaan, yang dilakukan oleh Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Surapong Suebwonglee, Suparerk akan membantu mendirikan sistem peringatan dini bagi seluruh bencana alam," kata seorang jurubicara pemerintah.

Tidak ada negara-negara Asia yang mengeluarkan peringatan atas tsunami yang terjadi 26 Desember lalu, yang dipicu oleh gempa berkekuatan 8,9 skala Richter di lepas pantai Kota Meulaboh, Indonesia, yang menewaskan hampir 150 ribu orang yang menghempas pantai sekeliling Samudera Hindia.

Hotel-hotel di pantai Laut Andaman Thailand sedang penuh ketika terjadi tsunami, dengan menewaskan sekurangnya 5.187 orang, termasuk diantaranya lebih dari 2.400 warga asing, banyak dari negara-negara Skandinavia. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  coba nonton film thailand : typoon (siwa20005@ya..., 11/01/2005 04:35)
40 tahun yg lalu thailand pernah terjadi tsunami yg menenggelamkan 1 provinsi dan banyak korban. mereka sudah lupa dengan kejadian itu sepertinya. coba liat film thailand Typoon. dulu mereka menganggap bahwa badai sudah biasa bagi nelayan, ttp sekarang badai tidak biasa bagi wisatawan. coba tengok film holywood terbaru the day after tomorrow, bgm kota besar diluluhlantakkan oleh banjir besar
 
 
spacer
  
  Akankah Kepala BMG RI dipecat? (keboijombalelo@ya..., 08/01/2005 00:33)
Kalau penguasa Thailand memecat kepala BMGnya gara-gara gagal memberikan peringatan dini kepada masyarakat adanya ancaman Tsunami, akankah Presiden RI atau pejabat yang berwenang melakukan hal serupa?
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer