spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
EKONOMI
spacer
 
Kondisi Listrik di Meulaboh dan Sabang Masih Belum Pasti

Jakarta, 30 Desember 2004 13:30
Kondisi listrik di Meulaboh dan Sabang Provinsi NAD hingga kini belum dapat diketahui akibat rusaknya sistem komunikasi, namun sistem kelistrikan di beberapa wilayah sudah dapat dipulihkan.

Berdasarkan laporan sejumlah posko PLN di daerah bencana, sistem kelistrikan di Bireun dan Subulussalam telah pulih 100 persen, sedangkan wilayah Lhoksemauwe termasuk Takengon kondisinya sudah mencapai 90 persen, dan Sigli sudah pulih 80 persen.

"Untuk sistem kelistrikan di Banda Aceh sendiri, hingga Kamis ini baru dapat dipulihkan 35 persen," kata Direktur Utama PT PLN, Eddie Widiono ketika melepas pemberangkatan bantuan "PLN Peduli Bencana" di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Kamis.

Eddie mengatakan, masih rendahnya pemulihan listrik terutama di Banda Aceh dan beberapa wilayah lainnya karena terputusnya jalur komunikasi dengan sejumlah daerah tersebut. Namun demikian PLN sudah berhasil melayani kembali 15 ribu pelanggan listrik dari sekitar 74 ribu pelanggan.

Guna mempercepat pemulihan sistem kelistrikan, PLN juga mengirimkan 108 teknisi ke lokasi bencana, para teknisi itu berasal dari beberapa wilayah yang diberangkatkan secara bergelombang.

Sebelumnya, sembilan teknisi dari PLN wilayah Sumbar melalui jalan darat menuju ke lokasi bencana alam tesebut, sedangkan 24 teknisi dari Prov. Banten dan Jabar telah berangkat dengan kapal laut.

Sisanya 10 teknisi dari wilayah Prov. Riau, 40 teknisi dari Prov. Jateng dan DIY, 10 dari PT Indonesia Power, dan 15 dari PLN wilayah Lampung direncanakan berangkat secara bertahap sesuai dengan ketersediaan fasilitas transportasi. Namun diharapkan besok semua itu sudah dapat diberangkatkan.

Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN, Herman Darnel Ibrahim menambahkan, kondisi pembangkit termasuk PLTD terapung dalam kondisi cukup baik dan dapat difungsikan. Sementara untuk jaringan listriknya memang paling banyak yang mengalami kerusakan. Namun beberapa jaringan listrik seperti tiang maupun trafo yang sekiranya tidak rusak akan dipergunakan lagi. Hal ini guna mempercepat perbaikan jaringan listrik tersebut.

"Kita berharap upaya-upaya ini bisa secepatnya menambah pasokan listrik di wilayah terjadinya bencana. Namun upaya tersebut belum dapat dilakukan secara maksimal mengingat ada kekhawatiran terjadinya gempa susulan," kata Herman. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 29 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer