spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
UNHCR Nilai, Penanganan Bencana Aceh Cukup Baik

Banda Aceh, 15 Januari 2005 16:16
Badan PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) menilai, langkah pemerintah Indonesia menangani berbagai persoalan pascagempa dan tsunami di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) berjalan cukup baik. Hanya saja koordinasi antarpihak perlu terus ditingkatkan.

"Penanganan yang telah dilakukan telah berjalan cukup baik," kata Senior Regional External Media Officer UNHCR Mans Nyberg saat bertanya jawab dengan wartawan dalam dan luar negeri di Banda Aceh, Sabtu.

Jika saat ini ada yang menilai masih banyak terjadi kekurangan dalam penanganan korban bencana tersebut, menurut Nyberg, hal itu adalah hal wajar karena bencana yang terjadi sedemikian dahsyat, bahkan belum pernah terjadi sebelumnya.

Bagi UNHCR sendiri, ini adalah pertama kali dalam sejarah mereka terlibat dalam kegiatan penanganan dan membantu korban bencana alam yang begitu besar setelah sebelumnya lebih banyak terlibat dalam penanganan bencana yang ditimbulkan ulah manusia, seperti perang.

Menurut Nyberg, penanganan persoalan pasca gempa dan tsunami di Aceh merupakan pekerjaan berat, mengingat kerusakan wilayah itu sangat parah. Di samping itu korban sangat banyak.

"Ini merupakan pekerjaan berat, apalagi belum pernah ada bencana sedahsyat ini," katanya serius.

Oleh karena itu, menurut dia, penilaian terhadap langkah-langkah penanganan korban bencana hendaknya disampaikan secara proporsional dengan memerhatikan semua faktor yang ada.

"Penilaian bahwa penanganan pengungsi korban bencana tidak terkoordinasi dengan baik itu kurang tepat dan kurang adil. Belum pernah ada yang menghadapi kondisi seperti ini," katanya.

Mans Nyberg mengatakan, koordinasi secara baik telah dilakukan pemerintah Indonesia dengan berbagai pihak, hanya saja perlu terus ditingkatkan agar penanganan korban bencana ini bisa segera dituntaskan.

Nyberg menegaskan, UNHCR akan terus bekerjasama secara baik dengan pemerintah Indonesia dalam menangani persoalan di Aceh. Kerjasama yang dijalin selama ini telah berjalan baik, dan UNHCR akan menaati apa yang menjadi ketentuan pemerintah Indonesia.

Dikatakannya, UNHCR dan pemerintah Indonesia saat ini tengah mengupayakan langkah yang optimal bagi penanganan korban bencana tersebut, termasuk menyangkut relokasi para pengungsi yang saat ini tersebar di banyak tempat. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer