spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Wagub NAD Jamin Kepemilikan Tanah Korban Tsunami

Banda Aceh, 15 Januari 2005 16:04
Wakil Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Azwar Abubakar menjamin hak kepemilikan tanah korban bencana gempa bumi dan tsunami, yang saat ini berada di pengungsian.

"Hak kepemilikan mereka tetap dan dijamin, hanya penggunaannya nanti akan diatur lagi," kata Azwar menjawab pertanyaan ANTARA di Banda Aceh, Sabtu.

Menurut Azwar, pemerintah akan melakukan penataan hunian pasca tsunami, terutama di lokasi yang berdekatan dengan pantai, sehingga mungkin ada sebagian yang tetap boleh tinggal di lokasi lama, namun sebagian lain mungkin akan direlokasi.

Namun Azwar belum bisa memberi penjelasan lebih detail soal penataan ulang lokasi hunian tersebut karena saat ini sedang dalam proses pengkajian.

"Nantilah, yang jelas warga yang saat ini mengungsi tidak perlu khawatir dengan tanah mereka. Kita jamin itu," katanya.

Terkait rencana pemerintah yang akan menempatkan para pengungsi yang saat ini berada di tenda-tenda darurat ataupun bangunan lain pada tempat penampungan sementara berupa rumah barak di 24 lokasi, tidak sedikit dari pengungsi yang merasa gamang.

Para pengungsi tersebut khawatir terhadap tanah yang mereka tinggalkan, terlebih jika harus menempati barak dalam jangka waktu yang belum jelas.

"Jangan-jangan nanti kami tinggal selamanya di barak, lalu bagaimana dengan tanah kami di kampung," kata Wahidi, warga Desa Lampoh Daya yang saat ini mengungsi di Mataie, Aceh Besar.

Pertanyaan serupa juga dikemukakan oleh pengungsi yang berada di tempat pengungsian lainnya.

Pada bagian lain menjawab pertanyaan, Wagub NAD juga menyatakan tidak tertutup kemungkinan dilakukan pemindahan kota kabupaten jika kota yang ada saat ini tidak memungkinkan lagi digunakan. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer