spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Sidang Ba'asyir
Burks: Ada Manipulasi Tingkat Tinggi dari AS

Frederick Burks (GATRA/Edward Luhukay)Jakarta, 13 Januari 2005 16:36
Mantan penerjemah Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Frederick Burks (46) merasa kurang yakin kalau Abu Bakar Ba'asyir bersalah, sekaligus menilai, ada manipulasi tingkat tinggi dari AS.

"Ada oknum pejabat di pemerintahan Amerika yang ingin supaya kelihatan bahwa teror itu ganas sekali. Padahal, teror itu sebenarnya tidak begitu banyak, tapi dibesarkan, dibuat semacam momok untuk menakuti-nakuti seluruh umat di dunia ini, supaya mereka mendukung perang," ujar mantan penerjemah pertemuan Presiden George W Bush dan Presiden Megawati, beberapa waktu lalu di Washington itu kepada wartawan, seusai sidang Ba'asyir yang digelar Pengadilan Negeri Jaksel, Kamis di Jakarta.

Warga negara AS yang kini jadi peneliti itu mengaku cukup yakin bahwa ada intervensi pemerintahnya dalam kasus terorisme yang didakwakan pada Amir Majelis Mujahidin Indonesia, sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki ini.

Sebagaimana disebutkan dalam artikel harian The Washington Post edisi 9 Desember 2004, Fred Burks menyatakan bahwa dalam pertemuan itu, Bush meminta pemerintah RI menyerahkan Ba`asyir kepada Pemerintah AS, namun Megawati menolak permintaan tersebut.

Burks kepada koran itu mengungkapkan, tiga pekan sebelum terjadinya bom Bali, diadakan pertemuan rahasia di rumah Megawati di Jalan Teuku Umar Jakarta, pada 16 September 2002, yang dihadiri Ralph R. Boyce, duta besar AS untuk Indonesia pada saat itu, Karen Brooks, direktur Asia dari National Security Council, dan dirinya.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 20 menit itu pihak AS kembali meminta agar Ba`asyir diserahkan kepada Amerika karena terkait jaringan Al-Qaeda, namun permintaan tersebut kembali ditolak oleh Megawati.

Tak takut teror
Meski telah mengeluarkan pernyataan kontroversial, Burks sama sekali tak takut ancaman dari pihak mana pun. "Saya tidak pernah diancam, karena saya percaya benar kepada Tuhan, dan Tuhan akan selalu membimbing saya. Saya tidak takut, dan yakin tidak akan terjadi apa pun," kata Burks, yang baru pertama kali ini bertemu langsung Ba'asyir, dan bersaksi selama satu jam itu.

Burks yakin, Islam tak identik dengan teror. Malah, ia menjamin, hampir semua orang Amerika yang tidak memercayai bahwa Islam identik dengan teror.

Namun, menjawab pertanyaan wartawan tentang penilaian dia, siapa kira-kira pembuat teror sebenarnya, Burks mengaku sulit menjawabnya. "Ya itu cukup rumit kalau menjawab itu," katanya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
BERITA TERKAIT  
spacer
 
terkait, $ID); ?>
 
spacer spacer  
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Maju terus Pak Burk (irawan_popi@ya..., 15/01/2005 10:48)
Walaupun anda orang Amerika, tetapi demi kebenaran Anda dengan jujur mengungkapkan apa sebenarnya yang terjadi. Saya salut! Bagi Bapak hakim, sekarang mulai terbukti bahwa memang ada "gajah di balik udang". Tolong pertimbangkan kembali kalau mau menjatuhkan vonis.
 
 
spacer
  
  info baru nih (bung_cun@ya..., 14/01/2005 20:11)
Kepada redaksi, terus kejar tuh lewat wawancara khusus serta eksklusif dari bapak ini. Mudah-mudahan sempat diwawancara sebelum dia almarhum.
 
 
spacer
  
  hati2 conspiracy dibalik CIA (human_83@ho..., 14/01/2005 19:52)
Pernayataan BURKS bisa dikatakan jujur karena kemauan hati? apakah hanya Conspiracy Amerika yang di prakarsai oleh CIA(setan)? Hati hati sodara2 islam di tanah air.
 
 
spacer
  
  hiduuup pak burks (singkayo@ho..., 14/01/2005 17:08)
hiduuuuup mr burks, hiduuuup ustad baasyir hiduuup aa gymn , matilah george bush, blair , osama bin laden. sekali lagi bebaskan ba'asyir , terus terang gue bukan penggemar ustad ini atau pengikutnya tapi gue benci ke tidakadil-an horeeee hidup juga megawati dan inulll daratista
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer