spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Situs KPU Bantu Pencarian Data Korban Tsunami Aceh

Jakarta, 13 Januari 2005 11:08
Situs khusus untuk membantu pencarian korban gempa dan tsunami di Aceh dan Sumatera Utara, yang diluncurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejak Senin (10/1), melayani masyarakat yang mencari keluarganya.

"Situs tersebut merupakan usaha KPU untuk membantu siapa pun, termasuk pemerintah, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan dalam penanganan korban gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Aceh dan Sumatera Utara," kata anggota KPU yang juga Ketua Tim Teknologi Informasi KPU, Chusnul Mariyah, saat dihubungi Antara, Rabu.

Ia juga mengatakan, hingga hari kedua beroperasinya situs tersebut, memang belum semua data mengenai kondisi korban dan keberadaannya dapat dilihat di situs tersebut.

"Data awal yang kami gunakan untuk situs tersebut berasal dari Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Berkelanjutan (P4B) yang dilakukan sebelum pelaksaan pemilu legislatif 2004 lalu," ungkapnya.

Chusnul mengatakan, data tersebut merupakan database kependudukan sehingga bersifat rahasia. Setelah dibicarakan secara internal KPU dan berbagai pihak, maka data tersebut digunakan untuk kepentingan pencarian korban dan penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh dan Sumut.

"Namun karena sifatnya yang sangat terbatas, maka data yang dikeluarkan hanya berkisar antara nama yang bersangkutan, nama ibu dan ayahnya serta tempat tinggal, itu pun hanya sampai kelurahan tempat domisili yang bersangkutan," ujar Chusnul.

Data P4B yang digunakan merupakan data per-Desember 2003 sehingga bayi dibawah satu tahun memang belum terdata. Begitu juga data warga negara asing yang tengah berada di Aceh maupun Sumut saat terjadinya bencana juga belum masuk.

"Oleh karena itu, kekurangan data nantinya akan segera diisi sehingga bisa melengkapi yang telah ada. Perlu juga kerjasama dengan pihak-pihak lainnya," kata anggota KPU yang juga mengajar di Universitas Indonesia itu.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh tim teknologi informasi KPU adalah melakukan pelatihan bagi siapa saja terutama lembaga dan departemen serta organisasi kemasyarakatan yang berminat memberikan data tentang korban bencana tersebut.

"Saat ini, tim TI KPU di Aceh sebagian besar telah ditarik kembali ke Jakarta. Tinggal lima orang yang berada di sana termasuk Basuki Suhardiman," tambahnya.

Chusnul mengharapkan situs yang dibuat tersebut dapat berguna bagi proses penanganan bencana di Aceh dan Sumut untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Situs khusus KPU dengan alamat http://tnas.kpu.go.id tersebut secara resmi beroperasi sejak Senin (10/1). Sebelumnya KPU memberangkatkan dua tim TI ke Aceh setelah terjadi bencana gempa bumi dan tsunami. Tim yang pertama berangkat Kamis (30/12) dipimpin oleh Basuki Suhardiman. Sedangkan tim kedua berangkat Minggu (1/1) dipimpin oleh DR. Husni Fahmi. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer