spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
LBHK Tetap Kuasa Hukum Tiga Warga Buyat

Jakarta, 12 Januari 2005 16:12
Tiga warga Buyat, masing-masing Rashid Rahmat, Masnah Stirman, dan Juhriah Latubahe, hingga saat ini belum mencabut Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan (LBHK) sebagai kuasa hukum mereka dalam perkara perdata, dengan tergugat PT Newmont Minahasa Raya (NMR) dan PT Newmont Pasifik Nusantara (NPN).

"Surat kuasa itu belum dicabut. Jadi sampai sekarang mereka masih menjadi klien kami untuk perkara itu," kata pengacara dari LBHK, August Pasaribu, di Jakarta, Rabu.

Menurut August, justru adanya pernyataan dari sejumlah LSM lain bahwa ketiga kliennya itu mencabut kuasa hukum dari LBHK patut dipertanyakan kesesuaiannya dengan kode etik kepengacaraan.

Hingga saat ini LBHK selaku kuasa hukum tidak mengetahui keberadaan ketiga warga Buyat itu.

"Kalau ada pihak lain yang membawa-bawa klien kami tanpa sepengetahuan kami, apakah itu bisa dibenarkan dan sesuai dengan kode etik," ujar August.

Ketiga warga Buyat itu menunjuk pengacara dari LBHK untuk menggugat NMR dan NPN secara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait dugaan pencemaran di Teluk Buyat, Sulawesi Utara.

Dalam gugatan bernomor 586/PDT.G/2004/PN Jaksel tertanggal 3 September 2004, kedua perusahaan itu digugat sebesar Rp 5 triliun.

August menambahkan, hanya LBHK lah yang menangani gugatan perdata ketiga warga Buyat itu, dan bukan pihak lain.

Sebelumnya pada Jumat (7/1) Masnah, Juhriah, dan suami Masnah yaitu Anwar Stirman sempat mendatangi LBHK untuk mencabut kuasa hukum yang mereka berikan kepada LBHK. Namun mereka tidak berhasil mendapat salinan surat kuasa karena Iskandar Sitorus, Ketua LBHK sedang berada di luar kota.

Pencabutan kuasa hukum tersebut dilakukan karena mereka menganggap putusan damai dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 5 Januari 2005 atas gugatan perdata terhadap NMR tidak sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani warga Buyat dengan pihak LBHK. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer