spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AMERIKA
spacer
 
Kapal Selam Nuklir AS Tabrak Gunung Laut

Washington, 11 Januari 2005 16:36
Pejabat Pentagon, Senin menyatakan, kapal selam bertenaga nuklir AS, USS San Francisco, mengalami kecelakaan Pulau Guam di Pasifik karena menabrak gunung bawah laut.

Insiden yang terjadi Sabtu lalu itu menyebabkan seorang awak kapal tewas, dan 24 lainnya mengalami cidera. Kecelakaan terjadi ketika kapal sedang pelayaran bawah laut dengan kecepatan tinggi, bagian depan kapal rusak dan bocor sehingga membasahi perangkat sonarnya.

Komandan San Francisco, Kevin Mooney, telah dibebastugaskan sementara sementara, selama investigasi mengenai mengapa kecelakaan bisa terjadi berlangsung. Perwira itu bisa dibebastugaskan jika para pejabat menemukan bukti-bukti kecelakaan sebenarnya bisa dihindarkan.

Para pejabat Pentagon mengatakan, investigasi akan dipusatkan pada kecepatan kapal ketika kecelakaan terjadi, lokasi dan apakah formasi bawah laut berada dalam peta navigasi. Kapal sedang berkecepatan melebihi 30 knot ketika menabrak formasi gunung laut.

Juru bicara Armada Pasifik AS Letnan Adam Clampitt mengatakan, kapal yang mengalami kerusakan luar tersebut sudah naik dok di di pangkalannya di Guam, sedangkan para korban luka sudah dirawat di fasilitas medis di Guam, jika perlu dipindahkan ke Jepang. Kecelakaan itu, yang terjadi ketika San Francisco sedang melakukan operasi pelayaran di bawah air 560 km di selatan dari pangkalannya di Guam, tidak menyebabkan tabung nuklir kapal rusak, menurut pihak AL-AS sebelumnya.

Setelah terdampar, kapal selam itu dikatakan bisa berlayar pulang ke pangkalannya dengan tenaga sendiri, Sabtu lalu. Namun selama berlayar di atas permukaan air, kapal perang itu dikawal sejumlah kapal AL-AS dan pesawat terbang.

Kapal selam dari kelas Los Angelos itu, dengan 137 orang awaknya, sedang dalam pelayaran untuk persinggahan di Brisbane, Australia, ketika kecelakaan terjadi hari Jumat, atau tengah hari waktu Guam, Sabtu.

"Kapal selam kelas tersebut berukuran panjang 110 meter, dengan perlengkapan satu reaktor nuklir dan satu poros," demikian data AL-AS.

USS San Francisco yang berpangkalan di Guam sejak 2002 bersama dua kapal selam sekelas lainnya dirancang bisa melaksanakan tugas-tugas intelijen dan membawa pasukan-pasukan khusus.

Persenjataan yang melengkapi kapal selam jenis penyerang cepat ini biasanya juga termasuk rudal Tomahwak, yang menempati empat tabung peluncuran di kapal kelas tersebut. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer