spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Proses Evakuasi Mayat Terhambat Hujan

Banda Aceh, 11 Januari 2005 15:06
Hujan yang mengguyur Banda Aceh tiga hari terakhir, menghambat proses evakuasi mayat-mayat korban gempa dan tsunami, 26 Desember 2004.

Kesulitan evakuasi akibat adanya hujan itu disampaikan Saiko, relawan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang ditugaskan ke Aceh dan bergabung dalam Tim SAR. Kwarnas Gerakan Pramuka Jakarta, Selasa, menyampaikan perkembangan proses evakuasi.

Akibat proses evakuasi mayat-mayat terganggu hujan, maka hasil atau jumlah jenazah yang berhasil dievakuasi juga tidak sebanyak ketika tidak terjadi hujan.

Evakuasi yang dilakukan sepanjang, Senin (10/1), tim relawan Kwarnas Pramuka beranggota 40 anggota yang bergabung dalam tim SAR bersama relawan dari berbagai unsur lainnya mengalami kesulitan untuk mewujudkan irama kerja seperti sebelum terjadi hujan.

Dalam melakukan evakuasi, mereka tidak saja berhadapan dengan puing-puing dengan banyak paku yang bisa menancap di kaki jika tidak hati-hati, tetapi juga berhadapan dengan genangan air akibat hujan. Kondisi ini membuat para relawan dari Pramuka harus ekstra hati-hati dalam melakukan evakuasi.

Beberapa relawan ada yang terkena paku, meski sudah menggunakan sepatu bot. Karena itu, mereka harus mendapat pertolongan medis secepat mungkin, untuk menghindari infeksi dari bakteri yang ditularkan lewat mayat-mayat membusuk itu.

Selain digabung ke dalam Tim SAR, relawan Kwarnas Gerakan Pramuka yang dikirim ke Aceh juga melakukan pendataan pengungsi. Upaya ini sebagai langkah untuk melakukan pembinaan mental pasca-tsunami bagi anak dan remaja di kamp-kamp pengungsian. Data ini penting untuk menjadi bahan rekomendasi Posko Pramuka Peduli kepada dinas-dinas terkait untuk ditindaklanjuti.

Dalam melakukan pendataan, relawan Pramuka menggunakan sepeda yang dibawa dari Jakarta. Hal itu dilakukan, mengingat sulitnya transportasi, sehingga perlu dipikirkan sejak jauh hari mengenai perlunya menggunakan alat transportasi yang tidak menggunakan BBM. Di samping menggunakan sepeda, relawan Pramuka juga membawa satu kendaraan roda empat dan beberapa sepeda motor.

Satu sepeda relawan Pramuka sempat dipinjam tentara Singapura untuk mendukung kegiatan di Aceh. Sepeda-sepeda itu dikirim Kwarnas Pramuka dari Jakarta menggunakan Hercules C-130 milik Singapore Air Force, yang dibawa ke Singapura terlebih dahulu, selanjutnya menuju Aceh.

Kwarnas Gerakan Pramuka juga menginformasikan bahwa banyak relawan yang digabung di Posko Pramuka Peduli di Aceh mulai Selasa ditugaskan di Lanud Iskandar Muda. Di Bandara itu dibutuhkan banyak relawan untuk menurunkan barang-barang bantuan dari pesawat. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer