spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AMERIKA
spacer
 
Pinochet Bebas atas Jaminan

Augusto Pinochet (Yahoo! News/AFP/File/Matais Recart)Santiago, 11 Januari 2005 11:58
Mantan diktator Chile Augusto Pinochet, Senin, dibebaskan dengan uang jaminan, setelah dikenai tahanan rumah atas tuduhan pembunuhan dan penculikan semasa berkuasa.

Pinochet yang kini berusia 89 tahun itu, menjalani tahanan rumah di ladang peternakannya di Los Boldos, di barat Santiago, di tepi lautan Pasifik sejak 5 Januari lalu. Status tahanan rumah dikenakan terhadapnya untuk berbagai dakwaan pembunuhan dan penculikan pada 1973-1990.

Namun, Hakim Juan Guzman Tapia yang menangani perkaranya, memberi kebebasan pada Pinochet atas uang jaminan sebesar 3.500 dolar dan mengirimkan permintaan pembebasan itu kepada pengadilan banding yang akan menguatkan keputusan itu dalam beberapa hari mendatang.

Berdasarkan UU Chile, seorang hakim dengan kekuasaan khusus seperti Guzman Tapia melakukan investigasi awal, memberi keputusan atas tuduhan dan mengeluarkan surat perintah penahanan, menetapkan syarat-syarat penahanan, mendengarkan pembelaan selama peradilan dan kemudian menjatuhkan hukuman.

Tuduhan terhadap Pinochet -- satu pembunuhan dan sembilan penculikan dari orang-orang yang jenazahnya tidak pernah ditemukan -- terkait pada Operasi Condor, persekongkolan para pemimpin diktator di Amerika Selatan pada tahun 1970-an untuk melenyapkan kaum penentang kiri.

Pinochet tidak pernah dihadapkan ke pengadilan sebelumnya untuk kasus-kasus pelenyapan sekitar 3.000 penentangnya, yang menurut hitungan resmi, itu terjadi selama masa kekuasaan Pinochet.

Permintaan pembebasan atas jaminan itu terjadi pada hari suratkabar terkemuka, El Mercurio, melaporkan bahwa Pinochet berusaha menarik lebih dari 240.000 dolar uang tunai dari BankBoston cabang Santiago pada 24 November lalu.

Hakim Sergio Munoz, yang sedang menangani kasus korupsi terpisah dari mantan orang kuat Chile itu, menghentikan transaksi tersebut. Munoz sedang memeriksa bagaimana sampai Pinochet punya uang sebesar delapan juta dolar yang disimpannya di Riggs Bank di Washington.

Hakim itu juga mendapati Pinochet memiliki sejumlah paspor palsu yang digunakannya sebagai tameng dalam urusan transaksi banknya di Amerika Serikat. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer