spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
FAKTA LANGKA
spacer
 
Tsunami Bawa Kembali Penyu Langka ke Phuket

Bangkok, 10 Januari 2005 13:22
Media Thailand, Ahad melaporkan, gelombang tsunami yang telah mengikis dan menyapu bersih pantai tujuan wisata utama di Thailand, Phuket di barat daya negara itu, membawa kembali satwa langka yang hampir punah, penyu punggung berkulit.

Penyu jenis ini adalah salah satu spesies binatang yang paling tua di dunia, yang sempat memenuhi pantai Phuket yang dipadati turis mancanegara, telah bertahun-tahun lamanya menghilang.

Namun harian The Nation melaporkan, seorang anak laki-laki di pantai Mai Khao telah menemukan sarang penyu punggung berkulit dengan 80 butir telur.

Manop Tidsang yang menjadi ketua tim kelompok pencinta dan pelestarian lingkungan di wilayah itu yakin, telur-telur tersebut adalah milik penyu punggung berkulit.

"Pada saat tsunami menyapu seluruh wilayah wisata pantai Thailand, gelombang raksasa itu juga telah membersihkan pantai dari segala sampah dan membawa kembali pasir yang bersih dari dasar laut."

Menurutnya, di masa lalu, penyu keluar dari laut, bertelur dan meletakkan telurnya di sepanjang pantai Phuket. "Namun banyaknya manusia, menyebabkan satwa itu mencari tempat lain untuk menaruh telurnya," kata profesor Somchai Sakuithap .

Penyu punggung berkulit adalah hewan prehistoris yang dianggap sebagai fosil hidup adalah salah satu spesies hewan yang terancam punah setelah hadir di dunia selama lebih dari 100 juta tahun.

Menurut para ahli, ancaman utama bagi kelangsungan hidup satwa tersebut adalah teknik penangkapan ikan modern yang telah memusnahkan sekitar 40 ribu ekor hewan tersebut dalam setahun. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer