spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
WISATA & HIBURAN
spacer
 
Sembilan Petugas Balawista Ikuti Latihan ke Australia

Denpasar, 8 Januari 2005 12:02
Sebanyak sembilan orang petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Badung, Bali mendapat kesempatan mengikuti latihan keterampilan dan meningkatkan wawasan di Australia.

Latihan berlangsung di pantai Queensland, selama empat pekan mulai awal Pebruari mendatang, kata Koordinator Balawista Badung, I Made Suparka di Denpasar, Sabtu.

Organisasi penyelamat pantai di Australia memberikan kesempatan kepada tim Balawisata Bali meningkatkan keterampilan dalam memberikan pertolongan kepada mereka yang mengalami musibah di laut.

"Kerja sama tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1972, ketika Balawista Badung dirintis," ujar Suparka yang pernah mengikuti pelatih penyelamat pantai di Australia selama 4,5 bulan pada tahun 1979 lalu.

Dari 55 petugas Balawista Kabupaten Badung, sebagian besar sudah pernah mengikuti latihan di Australia, sehingga dalam memberikan pertolongan kepada wisatawan yang mengalami musibah di pantai Kuta dapat dilakukan dengan baik.

"Biaya selama pelatihan di negeri Kangguru, 50 persen ditanggung pihak pengundang dan 50 persen sisanya diharapkan bisa dibantu oleh Pemkab Badung," ujar Suparka.

Ia mengakui, upaya meningkatkan keterampilan yang mengarah pada profesional untuk mampu memberikan pertolongan kepada mereka yang mengalami musibah saat menikmati deburan ombak, perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Untuk itu, organisasi penyelamat pantai di Australia memberikan perhatian khusus kepada tim Balawisata Kabupaten Badung, mengingat sebagian besar masyarakat negeri Kangguru memilih Bali sebagai tempat berlibur yang aman dan nyaman.

Menurut dia, setiap kesempatan yang ada untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang penyelamatan wisata tirta dimanfaatkan dengan baik, meskipun umumnya menghadapi kendala dalam bidang pendanaan.

Musibah kecelakaan di Pantai Kuta dan sekitarnya yang menimpa wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara maupun masyarakat setempat selama tahun 2004 mencapai 323 kali, menyebabkan 14 orang tewas.

Dari korban meninggal tersebut, tujuh orang diantaranya menimpa wisatawan asing yang sedang menikmati liburan di Bali dan 50 persen lainnya wisatawan nusantara maupun masyarakat setempat.

Sedangkan 309 orang lainnya yang sebagian besar wisatawan asing berseret arus dan nyaris menjadi korban keganasan ombak pantai Kuta, berhasil diselamatkan.

"Sebagian besar korban musibah pantai Kuta dapat diselamatkan, berkat kesiapsiagaan petugas Balawista yang tersebar pada sebelas pos di lokasi-lokasi tempat wisatawan berenang," ungkap Suparka.

Kejadian tersebut sedikit meningkat dibanding tahun sebelumnya (2003) yang tercatat 251 kejadian, mengakibatkan 12 orang meninggal dan 239 orang lainnya berhasil diselamatkan jiwanya.

"Korban yang sebagian besar sempat hanyut ditelan keganasan ombak Kuta dapat diselamatkan jiwanya, karena petugas dari menara pemantau siap siaga mengantisipasi segala kemungkinan terburuk yang menimpa mereka yang sedang menikmati deburan ombak," demikian Suparka. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer