spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AFRIKA
spacer
 
Putra Mandela Meninggal Akibat AIDS

Makgatho Mandela (Yahoo! News/REUTERS/The Cape Argus)Johannesburg, 7 Januari 2005 10:38
Mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, yang selama ini menjadi pelopor perang melawan AIDS di Afrika Selatan, Kamis mengumumkan bahwa putra satu-satunya meninggal dunia akibat penyakit mengerikan itu.

Makgatho Mandela (54) sebelumnya sempat dirawat secara intensif di sebuah klinik di Johannesburg selama beberapa minggu. Isterinya, Zondi, telah meninggal karena sakit radang paru-paru pada tahun 2003.

"Kami mengundang Anda ke sini hari ini untuk mengumumkan bahwa putra saya telah meninggal karena AIDS," kata Mandela.

Mandela, yang tengah dilanda kesedihan, bersama-sama isterinya Graca Machel mengenakan pita merah tanda perangi AIDS.

"Selama ini saya selalu mengatakan `Kita buka masalah AIDS dan bukan menyembunyikannya`. Inilah cara satu-satunya untuk membuat AIDS sebagai penyakit normal," kata Mandela kepa pers di halaman rumahnya di Johannesburg, hanya beberapa jam setelah Makgatho meninggal.

Dengan keterbukaan dan mengatakan bahwa seseorang meninggal karena AIDS, masyarakat akan berhenti berpikir bahwa penyakit tersebut hanya diidap oleh orang-orang yang akan masuk neraka, bukan masuk ke syurga.

AIDS telah menjangkiti lebih dari satu di antara lima orang di Afrika Selatan, yang dihuni oleh sekitar 5,3 orang yang hidup dengan HIV dan AIDS, demikian menurut UN AIDS.

Mandela merupakan sosok yang vokal dalam memerangi AIDS jauh sebelum penggantinya, Presiden Thabo Mbeki, mengumumkan rencana perawatan bagi para penderita HIV.

Ia mengatakan sebab-sebab kematian anaknya itu, Mandela menjadi salah satu dari sosok langka di Afrika Selatan yang secara terbuka mengumumkan bahwa AIDS telah menjangkiti keluarga mereka.

Mandela (86) saat ini memiliki tiga putri, yaitu Maki, dari isteri pertamanya, serta Zindzi dan Zenani, yang merupakan hasil perkawinan keduanya dengan Winnie Madikizela-Mandela, yang diceraikannya pada tahun 1992.

Putra Mandela lainnya, Thembekile, tewas dalam kecelakaan mobil tahun 1969, saat ia sedang dalam penjara pemerintahan apartheid.

Makgatho, yang dikenal sebagai pengacara rendah hati, adalah anak tertua Mandela dan satu-satunya putera dari isteri pertamanya, Evelyn, yang meninggal tahun lalu.

Makgatho bekerja sebagai anggota tim hukum di Standard Bank, kelompok bank terbesar di Afrika Selatan.

Ia menikah dan dikaruniai empat putra, Mandla --dari perkawinan pertamanya-- serta Ndaba, 21, Mbuso, 13, dan Andile, 11, dari perkawinan keduanya dengan Zondi.

Mandela sendiri saat ini beristrikan Machel, mantan isteri pemimpin Mozambique, yang dinikahinya saat ia merayakan hari ulang tahunnya yang ke-80 tahun. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer